๐๐๐ก๐๐ญ๐๐ ๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐ก ๐ง๐๐๐๐ ๐๐ ๐ง๐๐ ๐ฃ๐๐ง ๐ ๐๐ก๐๐ก๐๐๐๐
Afwan ustadz, izin bertanya kaitannya dengan jenazah. Seseorang meninggal di tempat dia bekerja, dan keluarga menginginkan jenazah dibawa ke kampung halaman yang membutuhkan perjalanan via kapal atau pesawat. Pertanyaan saya : Apa hukum memindahkan jenazah untuk dikubur di luar daerah ? Apa hukum formalin dan memberikan formalin untuk jenazah ?
๐๐ฎ๐๐ฎ๐ฏ๐ฎ๐ป
Oleh Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq
Secara asal syariat memerintahkan agar seseorang di kubur di negeri tempat ia meninggal, hal ini sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits riwayat Jabir berikut ini :
ูููููุง ุญูู ูููููุง ุงููููุชูููู ููููู ู ุฃูุญูุฏู ููููุฏูููููููู ูุ ููุฌูุงุกู ู ูููุงุฏูู ุงููููุจูููู ุตููููู ุงูููู ุนููููููู ููุณููููู ู ููููุงูู: ุฅูููู ุฑูุณูููู ุงูููู ุตููููู ุงูููู ุนููููููู ููุณููููู ู ููุฃูู ูุฑูููู ู โุฃููู โุชูุฏููููููุง โุงููููุชูููู โููู โู ูุถูุงุฌูุนูููู ู โููุฑูุฏูุฏูููุงููู ู.
"Kami pernah membawa jenazah para syuhada pada Perang Uhud untuk dimakamkan. Kemudian datang seorang penyeru dari Nabi ๏ทบ, yang berkata: 'Sesungguhnya Nabi ๏ทบ memerintahkan kalian agar memakamkan para syuhada di tempat mereka gugur.' Maka kami pun mengembalikan mereka (ke lokasi tempat mereka wafat)."(HR. Ahmad)
Juga berdasarkan hadits :
"ุฅููููู ูุง โุชูุฏููููู โุงููุฃูุฌูุณูุงุฏู โุญูููุซู ุชูููุจูุถู ุงููุฃูุฑูููุงุญู
"Sesungguhnya jasad itu dimakamkan di tempat ruh dicabut." (HR. Aburrazaq)
Hikmahnya dengan menguburkan mayit di tempat ia meninggal, ini akan mempercepat proses penguburan yang juga merupakan perkara yang diperintahkan dalam agama, sebagaimana sabda Nabi shallallahuโalaihi wassallam : โBersegeralah kalian ketika membawa jenazah. Bila dia orang saleh, kalian segera mendekatkannya kepada kebaikan. Dan, bila bukan orang saleh, kalian segera meletakkan kejelekan dari punggung-punggung kalian.โโ (Mutafaqqun โalaih)
Lalu bagaimana bila ada yang sengaja memindahkan mayit untuk dikuburkan ke negeri jauh semisal kasus yang ditanyakan ? Dalam hal ini ulama jumhur ulama sepakat melarangnya, namun mereka berbeda pendapat dalam hukum larangan tersebut, ada yang melarang dengan mengharamkannya ada yang memakruhkannya bahkan ada yang membolehkan jika ada alasan tertentu.[1]
๐. ๐ฌ๐ฎ๐ป๐ด ๐บ๐ฒ๐ป๐ด๐ต๐ฎ๐ฟ๐ฎ๐บ๐ธ๐ฎ๐ป
Pendapat yang kuat dari madzhab Syafiโi menyatakan haram hukumnya memindahkan mayit ke tempat lain. Syaikh Zakariya al Anshari rahimahullah berkata :
โูุญุฑู โูููู โูุจู โุฏููู โู ู โู ุญู โู ูุชู ุฅูู ู ุญู ุฃุจุนุฏ ู ู ู ูุจุฑุฉ ู ุญู ู ูุชู ููุฏูู ููู ...ุฅูุง ู ู ุจูุฑุจ ู ูุฉ ูุงูู ุฏููุฉ ูุฅูููุง ุฃู ุจูุช ุงูู ูุฏุณ ููุง ูุญุฑู ูููู ุฅูููุง ุจู ุชุฎุชุงุฑ ููุถู ุงูุฏูู ูููุง
"Diharamkan memindahkan (jenazah) sebelum dikubur dari tempat wafatnya ke tempat yang lebih jauh daripada pemakaman di lokasi tempat ia wafat, untuk dimakamkan di sana. Kecuali ke tempat yang dekat dengan Mekah, Madinah, dan Iliya (yaitu Baitul Maqdis).
Maka, tidak diharamkan memindahkannya ke sana, bahkan lebih diutamakan karena keutamaan dikubur di tempat-tempat tersebut."[2]
Bahkan dalam pandangan madzhab Syafiโi jika sebelumnya mayit tersebut meninggalkan wasiat agar ia dikuburkan di suatu tempat tertentu, wasiat tersebut tidak boleh dilaksanakan.[3] Berkata al imam Nawawi rahimahullah :
ููู ุฃูุตู ุจูุ ูู ุชููุฐ ูุตูุชูุ ููุฐุง ุฃุตุญุ ูุฅู ูู ูููู ุชุฃุฎูุฑ ุฏููู ูุชุนุฑูุถู ููุชู ุญุฑู ุชู ู ู ูุฌูู
โJika jenazah tersebut sebelumnya berwasiat untuk dipindahkan tempat penguburannya, maka wasiatnya tersebut tidak boleh dilaksanakan. Ini adalah pendapat yang paling kuat, karena dalam pemindahan tersebut terdapat penundaan penguburan dan risiko pelanggaran kehormatan jenazah dari berbagai sisi."[4]
๐. ๐ฌ๐ฎ๐ป๐ด ๐บ๐ฒ๐บ๐ฏ๐ผ๐น๐ฒ๐ต๐ธ๐ฎ๐ป ๐ฑ๐ฒ๐ป๐ด๐ฎ๐ป ๐ธ๐ฒ๐บ๐ฎ๐ธ๐ฟ๐๐ต๐ฎ๐ป
Kalangan Hanabilah dan sebagian ulama Syafiโiyah berpendapat hukum memindahkan mayit untuk dikuburkan ke tempat lain hukumnya adalah dimakruhkan. Sedangkan kalangan Hanafiyah berpendapat makruh bila memindahkan penguburan jenazah mencapai batas minimal jarak safar.[5]
Berkata al imam Nawawi rahimahullah :
ููุงู ุงูุจุบูู ูุงูุดูุฎ ุฃุจู ูุตุฑ ุงูุจูุฏููุฌู ู ู ุงูุนุฑุงูููู โููุฑู โูููู
โAl Baghawi dan Syaikh Abu Nasr al-Bandaniji dari kalangan ulama Irak berkata : "Dimakruhkan memindahkan jenazah."[6]
๐. ๐ ๐ฒ๐บ๐ฏ๐ผ๐น๐ฒ๐ต๐ธ๐ฎ๐ป ๐ธ๐ฎ๐ฟ๐ฒ๐ป๐ฎ ๐ฎ๐ฑ๐ฎ ๐ฎ๐น๐ฎ๐๐ฎ๐ป ๐๐ฒ๐ฟ๐๐ฒ๐ป๐๐
Kalangan Malikiyah membolehkan jenazah dimakamkan di tempat lain karena tujuan tertentu semisal agar mudah nantinya keluarganya untuk menziarahi kuburnya, atau alasan khawatir kuburnya nanti rusak oleh air karena berada di tempat yang sering dilanda banjir dan sebab semisal lainnya. Dengan Syarat pemindahan tersebut tidak sampai melanggar kehormatan mayit tersebut.
Al imam Dusuqi rahimahullah berkata :
ู ุฌุงุฒ ููู โุงูู ูุช โูุจู โุงูุฏูู โููุฐุง โุจุนุฏู โู ู โู ูุงู โุฅูู โุขุฎุฑ ุจุดุฑุท ุฃู ูุง ูููุฌุฑ ุญุงู ูููู ูุฃู ูุง ุชูุชูู ุญุฑู ุชู ูุฃู ูููู ูู ุตูุญุฉ ูุฃู ูุฎุงู ุนููู ุฃู ูุฃููู ุงูุจุญุฑ ุฃู ุชุฑุฌู ุจุฑูุฉ ุงูู ูุถุน ุงูู ูููู ุฅููู ุฃู ููุฏูู ุจูู ุฃููู ุฃู ูุฃุฌู ูุฑุจ ุฒูุงุฑุฉ ุฃููู
โDan diperbolehkan memindahkan jenazah sebelum dimakamkan, demikian pula setelah dimakamkan, dari satu tempat ke tempat lain dengan syarat jenazah tidak mengalami kerusakan selama pemindahan, kehormatannya tidak dilanggar, dan pemindahan tersebut memiliki tujuan maslahat.
Seperti jika dikhawatirkan kuburnya nanti disapu oleh air laut, atau karena berharap keberkahan tempat yang dia dipindahkan ke sana (dikubur di Makkah dan Madinah), atau agar dimakamkan di antara keluarganya, atau demi mempermudah keluarga menziarahi kuburnya.โ[7]
๐๐๐ธ๐๐บ ๐บ๐ฒ๐บ๐ฏ๐ฒ๐ฟ๐ถ๐ธ๐ฎ๐ป ๐ณ๐ผ๐ฟ๐บ๐ฎ๐น๐ถ๐ป ๐ธ๐ฒ ๐บ๐ฎ๐๐ถ๐
Secara asal dibolehkan memberikan sesuatu semisal kapur dan bahan lainnya untuk memberikan manfaat semisal agar mayit tidak cepat rusak, berkata al imam SyafiโI rahimahullah :
ููุณุชุญุจ ุฃู ูุทูุจ ุฌู ูุน ุจุฏูู ุจุงููุงููุฑ ูุฃูู ููููู ููุดุฏู
โDianjurkan untuk memberikan wewangian pada seluruh tubuh jenazah dengan kapur, karena hal itu memperkuat dan lebih mengawetkan jenazah.โ[8]
Penggunaan bahan untuk mengawetkan mayit seperti formalin karena ada maslahat dan tujuan tertentu hukum dibolehkan, disebutkan dalam sebuah fatwa :
ูุงูุชุญููุท ุงูู ุนุฑูู ุงูุขู ุจุทุฑูู ุงูู ูุงุฏ ุงูููู ุงููุฉ ูู ูุน ุงูุชุนูู ุฃู ุชุฃุฎูุฑู ุฅุฐุง ูุงู ุจูุฐุง ุงููุฏุฑ ูููุฐุง ุงูุบุฑุถ ููุง ู ุงูุน ู ูู ุ
โPengawetan yang kita kenal sekarang dengan menggunakan bahan-bahan kimia agar menjadikan jenazah tidak busuk atau menunda pembusukan, maka diperbolehkan asalkan dengan kadar yang sesuai dan tujuan pengawetan.โ[9]
Maka bisa disimpulkan bahwa selama formalin atau pengawet yang digunakan bukan dari bahan yang diharamkan dan dengan sekedar ukuran yang dibutuhkan, maka hukumnya dibolehkan.
๐๐ฒ๐๐ถ๐บ๐ฝ๐๐น๐ฎ๐ป
Hukum memindahkan jenazah untuk dimakamkan ke tempat lain dilarang menurut mayoritas ulama. Sebagian membolehkan bila dipandang ada maslahat yang kuat dalam pemindahan tersebut. Dan penggunaan bahan pengawet dibolehkan bahkan diharuskan bila tujuannya untuk menjaga agar bagian tubuh mayit tidak mengalami kerusakan.
Wallahu aโlam.
____________
[1] Al Mausuโah al Fiqhiyah al Kuwaitiyah (21/9), Fiqh ala Madzhab al Arbaโah (2/1536)
[2] Fath al Wahab (1/118)
[3] Ad Din Khalis (8/49)
[4] Raudhah ath Thalibin (2/143)
[5] Ibnu Abidin (1/602), Raudhah ath Thalibin (2/143), al Mughni (2/509)
[6] Majmuโ Syarh al Muhadzdzab (5/305)
[7] Syarh al Kabir (1/421)
[8] Mughni al Muhtaj (2/18)
[9] Darr Ifta Mishriyah (8/46)
Sumber FB Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq