Bukti Izz Abdussalam Seorang Asy'ari

Bukti Izz Abdussalam Seorang Asy'ari

๐—•๐—”๐—š๐—œ๐—”๐—ก ๐—ž๐—˜ ๐—ฉ : ๐—•๐—จ๐—ž๐—ง๐—œ ๐—œ๐—ญ๐—ญ ๐—”๐—•๐——๐—จ๐—ฆ๐—ฆ๐—”๐—Ÿ๐—”๐—  ๐—ฆ๐—˜๐—ข๐—ฅ๐—”๐—ก๐—š ๐—”๐—ฆ๐—ฌโ€™๐—”๐—ฅ๐—œ

Oleh Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq 

Al imam Izz bin Abdussalam rahimahullah adalah salah satu ulama besar yang dalam bidang fiqih disebut telah mencapai derajat mujtahid, seorang  mufassir dan muhaddits terkemuka. Dan yang paling istimewa dari gelar yang disematkan kepada beliau, sang imam mendapatkan julukan sulthanul ulama (rajanya para ulama) dan disebut-sebut sebagai mujadid Islam abad ketujuh Hijriyah.[1]

Imam Izz Abdussalam memiliki karya dalam berbagai bidang, seperti dalam  ilmu Tafsir al-Kabir li Ibn Abdissalam. Dalam ilmu fiqih, ada al Imam fi Adillatil Ahkam, Qawaidusy Syariโ€™ah al Fawaid, dan Qawaidul Ahkam fi Mashalihil Anam, dan kitab-kitab lainnya.

Dan berikut ini adalah beberapa data yang bisa menjadi bukti bahwa sang imam dalam masalah Aqidah bermadzhab dengan madzhab Asyโ€™ariyah.

 ๐—•๐˜‚๐—ธ๐˜๐—ถ ๐—ฃ๐—ฒ๐—ฟ๐˜๐—ฎ๐—บ๐—ฎ : ๐—ฃ๐—ฒ๐—บ๐—ถ๐—ธ๐—ถ๐—ฟ๐—ฎ๐—ป๐—ป๐˜†๐—ฎ

Kita mengetahui posisi sang imam sebagai salah satu ulama yang bermadzhab Aqidah Asyโ€™ariyah di antaranya adalah lewat karya-karya beliau yang secara gamblang mengungkap hal tersebut. Di antaranya adalah sebagai berikut :

ุงู„ุญู…ุฏ ู„ู„ู‡ ุฐูŠ ุงู„ุนุฒุฉ ูˆุงู„ุฌู„ุงู„ ูˆุงู„ู‚ุฏุฑุฉ ูˆุงู„ูƒู…ุงู„ ูˆุงู„ุฅู†ุนุงู… ูˆุงู„ุฅูุถุงู„ ุงู„ูˆุงุญุฏ ุงู„ุฃุญุฏ ุงู„ูุฑุฏ ุงู„ุตู…ุฏ ุงู„ุฐูŠ ู„ู… ูŠู„ุฏ ูˆู„ู… ูŠูˆู„ุฏ ูˆู„ู… ูŠูƒู† ู„ู‡ ูƒููˆุง ุฃุญุฏ ู„ูŠุณ ุจุฌุณู… ู…ุตูˆุฑ ูˆู„ุง ุฌูˆู‡ุฑ ู…ุญุฏูˆุฏ ู…ู‚ุฏุฑ ูˆู„ุง ูŠุดุจู‡ ุดูŠุฆุง ูˆู„ุง ูŠุดุจู‡ู‡ ุดูŠุก ูˆู„ุง ุชุญูŠุท ุจู‡ ุงู„ุฌู‡ุงุช ูˆู„ุง ุชูƒุชู†ูู‡ ุงู„ุฃุฑุถูˆู† ูˆู„ุง ุงู„ุณู…ูˆุงุช

"Segala puji bagi Allah, Dzat yang memiliki keperkasaan dan kemuliaan, kekuasaan dan kesempurnaan, anugerah dan keutamaan. Yang Maha Esa, tempat bergantung segala sesuatu, yang tidak beranak dan tidak diperanakkan, dan tidak ada sesuatu pun yang setara dengan-Nya. Dia bukanlah jasad yang memiliki bentuk, bukan pula substansi yang terbatas ukurannya. Dia tidak menyerupai apa pun, dan tidak ada sesuatu pun yang menyerupai-Nya. Dia tidak dikelilingi oleh arah, tidak diliputi oleh bumi maupun langit.โ€[2]

Beliau juga berkata :

ุงุณุชูˆู‰ ุนู„ู‰ ุงู„ุนุฑุด ุงู„ู…ุฌูŠุฏ ุนู„ู‰ ุงู„ูˆุฌู‡ ุงู„ุฐูŠ ู‚ุงู„ู‡ ูˆุจุงู„ู…ุนู†ู‰ ุงู„ุฐูŠ ุฃุฑุงุฏู‡ ุงุณุชูˆุงุก ู…ู†ุฒู‡ุง ุนู† ุงู„ู…ู…ุงุณุฉ ูˆุงู„ุงุณุชู‚ุฑุงุฑ ูˆุงู„ุชู…ูƒู† ูˆุงู„ุญู„ูˆู„ ูˆุงู„ุงู†ุชู‚ุงู„ ูุชุนุงู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุงู„ูƒุจูŠุฑ ุงู„ู…ุชุนุงู„ ุนู…ุง ูŠู‚ูˆู„ู‡ ุฃู‡ู„ ุงู„ุบูŠ ูˆุงู„ุถู„ุงู„ ุจู„ ู„ุง ูŠุญู…ู„ู‡ ุงู„ุนุฑุด ุจู„ ุงู„ุนุฑุด ูˆุญู…ู„ุชู‡ ู…ุญู…ูˆู„ูˆู† ุจู„ุทู ู‚ุฏุฑุชู‡ ู…ู‚ู‡ูˆุฑูˆู† ููŠ ู‚ุจุถุชู‡

โ€œDia beristawa di atas 'Arsy yang agung dengan cara sebagaimana Dia firmankan dan dengan makna yang Dia kehendaki. Bersemayam yang disucikan dari sentuhan, kestabilan, tempat tinggal, penyatuan, atau perpindahan. Maha Tinggi Allah yang Maha Besar dari apa yang diucapkan oleh orang-orang yang sesat dan menyimpang. 'Arsy tidaklah memikul-Nya, tetapi 'Arsy beserta para malaikat yang memikulnya berada dalam genggaman kekuasaan-Nya, dikuasai oleh keagungan-Nya.โ€[3]

๐—•๐˜‚๐—ธ๐˜๐—ถ ๐—ธ๐—ฒ๐—ฑ๐˜‚๐—ฎ : ๐—ฆ๐—ถ๐—ธ๐—ฎ๐—ฝ๐—ป๐˜†๐—ฎ

Posisi beliau sebegai pembela Aqidah ahlusunnah madzhab Asyโ€™ariyah bisa kita dapati dari sikap tegas beliau kepada sebagian pihak yang menyimpang kaitannya dengan isu Qurโ€™an makhluk. Seperti kisah berikut ini :

ูˆูƒุงู†ุช ุทุงุฆูุฉ ู…ู† ู…ุจุชุฏุนุฉ ุงู„ุญู†ุงุจู„ุฉ ุงู„ู‚ุงุฆู„ูŠู† ุจุงู„ุญุฑู ูˆุงู„ุตูˆุช ู…ู…ู† ุตุญุจู‡ู… ุงู„ุณู„ุทุงู† ููŠ ุตุบุฑู‡ ูŠูƒุฑู‡ูˆู† ุงู„ุดูŠุฎ ุนุฒ ุงู„ุฏูŠู† ูˆูŠุทุนู†ูˆู† ููŠู‡ ูˆู‚ุฑุฑูˆุง ููŠ ุฐู‡ู† ุงู„ุณู„ุทุงู† ุงู„ุฃุดุฑู ุฃู† ุงู„ุฐูŠ ู‡ู… ุนู„ูŠู‡ ุงุนุชู‚ุงุฏ ุงู„ุณู„ู ูˆุฃู†ู‡ ุงุนุชู‚ุงุฏ ุฃุญู…ุฏ ุจู† ุญู†ุจู„ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ ูˆูุถู„ุงุก ุฃุตุญุงุจู‡ ูˆุงุฎุชู„ุท ู‡ุฐุง ุจู„ุญู… ุงู„ุณู„ุทุงู† ูˆุฏู…ู‡ ูˆุตุงุฑ ูŠุนุชู‚ุฏ ุฃู† ู…ุฎุงู„ู ุฐู„ูƒ ูƒุงูุฑ ุญู„ุงู„ ุงู„ุฏู…

Ada sekelompok kaum bidโ€™ah dari kalangan Hanabilah yang berpandangan bahwa kalam Allah itu berupa huruf dan juga suara. Mereka adalah orang-orang yang pernah berhubungan dengan Sultan ketika ia masih kecil. Mereka tidak menyukai Syekh Izzuddin, bahkan mencela beliau. Mereka menanamkan dalam pikiran Sultan Al-Asyraf bahwa pandangan mereka adalah keyakinan salaf dan keyakinan Imam Ahmad bin Hanbal radhiyallahu โ€˜anhu serta ulama besar lainnya dari mazhab tersebut.

Keyakinan ini begitu meresap dalam diri Sultan hingga menjadi bagian dari daging dan darahnya, sehingga ia menganggap siapa pun yang berbeda pandangan dengan itu adalah kafir yang halal darahnyaโ€ฆ.โ€[4]

๐—•๐˜‚๐—ธ๐˜๐—ถ ๐—ธ๐—ฒ๐˜๐—ถ๐—ด๐—ฎ : ๐—ž๐—ฎ๐—ฟ๐˜†๐—ฎ-๐—ธ๐—ฎ๐—ฟ๐˜†๐—ฎ๐—ป๐˜†๐—ฎ

Dalam banyak karyanya sang imam telah menjelaskan bahwa madzhab Asyโ€™ariyah adalah Aqidah Ahlussunnah wal Jamaโ€™ah dan Aqidahnya kaum salaf terdahulu. Seperti dalam kitabnya Qawaid al Ahkam fi Mashalih al Anam dan dalam kitab tafsirnya al Izz Abdissalam.

๐—•๐˜‚๐—ธ๐˜๐—ถ ๐—ธ๐—ฒ๐—ฒ๐—บ๐—ฝ๐—ฎ๐˜ : ๐—ž๐—ฒ๐˜€๐—ฎ๐—ธ๐˜€๐—ถ๐—ฎ๐—ป ๐˜‚๐—น๐—ฎ๐—บ๐—ฎ ๐—ฎ๐˜๐—ฎ๐˜€๐—ป๐˜†๐—ฎ

Tentang madzhab Asyโ€™ariyah yang beliau berada di atasnya, telah secara terang dinyatakan oleh para ulama seperti al imam Taqiyuddin as Subki dalam kitabnya Thabaqat Asy Syafiโ€™iyyah, al imam Suyuthi dan lainnya.[5]

๐—•๐˜‚๐—ธ๐˜๐—ถ ๐—ธ๐—ฒ๐—น๐—ถ๐—บ๐—ฎ : ๐—ฃ๐—ฒ๐—ป๐—ด๐—ฎ๐—ธ๐˜‚๐—ฎ๐—ป ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป ๐—ฝ๐—ฒ๐—บ๐—ฏ๐—ฒ๐—น๐—ฎ๐—ฎ๐—ป๐—ป๐˜†๐—ฎ

Beliau rahimahullah berkata :

ูˆุงุนุชู‚ุงุฏ ุงู„ุฃุดุนุฑูŠ ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ ู…ุดุชู…ู„ ุนู„ู‰ ู…ุง ุฏู„ุช ุนู„ูŠู‡ ุฃุณู…ุงุก ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุชุณุนุฉ ูˆุงู„ุชุณุนูˆู† ุงู„ุชูŠ ุณู…ู‰ ุจู‡ุง ู†ูุณู‡ ููŠ ูƒุชุงุจู‡ ูˆุณู†ู‡ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡

โ€œDan aqidah Imam al Asy'ari ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ mencakup apa yang ditunjukkan oleh 99 nama Allah yang Dia sandangkan kepada diri-Nya dalam kitab-Nya dan yang disampaikan oleh Rasulullah ๏ทบโ€ฆโ€[6]

Beliau juga berkata :

ูู‡ุฐุง ุฅุฌู…ุงู„ ู…ู† ุงุนุชู‚ุงุฏ ุงู„ุฃุดุนุฑูŠ ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ ูˆุงุนุชู‚ุงุฏ ุงู„ุณู„ู ูˆุฃู‡ู„ ุงู„ุทุฑูŠู‚ุฉ ูˆุงู„ุญู‚ูŠู‚ุฉ ู†ุณุจุชู‡ ุฅู„ู‰ ุงู„ุชูุตูŠู„ ุงู„ูˆุงุถุญ ูƒู†ุณุจุฉ ุงู„ู‚ุทุฑุฉ ุฅู„ู‰ ุงู„ุจุญุฑ ุงู„ุทุงูุญ

โ€œInilah ringkasan Aqidah Imam al Asyโ€™ari yang merupakan Aqidah salaf, serta para ahli tarekat dan hakikat. Jika dibandingkan dengan rincian yang jelas, maka ringkasan ini bagaikan setetes air dibandingkan dengan lautan yang melimpah..โ€[7]

๐—•๐˜‚๐—ธ๐˜๐—ถ ๐—ธ๐—ฒ๐—ฒ๐—ป๐—ฎ๐—บ : ๐— ๐—ฒ๐—ฟ๐˜‚๐—ท๐˜‚๐—ธ ๐—ฝ๐—ฎ๐—ฟ๐—ฎ ๐—ถ๐—บ๐—ฎ๐—บ ๐—”๐˜€๐˜†โ€™๐—ฎ๐—ฟ๐—ถ๐˜†๐—ฎ๐—ต

Sang imam rahimahullah menjadikan ulama-ulama Asyโ€™ariyah sebagai salah satu rujukan dalam banyak pendapat dan penjelasan yang beliau sampaikan dalam karya-karyanya. Misalnya ucapan beliau :

ูˆู‚ูˆู„ โ€Œุงู„ุฃุดุนุฑูŠ ู„ุง ูŠู„ุฒู… ุฐู„ูƒ ู„ุฃู†

"Dan pendapat dari imam Asy'ari: 'Hal itu tidaklah wajib, karena...โ€[8]

Dan perkataan beliau :

ูˆู‚ุฏ ูƒุซุฑุช ู…ู‚ุงู„ุงุช โ€Œุงู„ุฃุดุนุฑูŠ ุญุชู‰ ุฌู…ุนู‡ุง ุงุจู† ููˆุฑูƒ ููŠ ู…ุฌู„ุฏูŠู†

"Dan sungguh, tulisan-tulisan al Asyโ€™ari sangat banyak hingga Ibnu Furak mengumpulkannya dalam dua jilid."[9]

๐—•๐˜‚๐—ธ๐˜๐—ถ ๐—ธ๐—ฒ๐˜๐˜‚๐—ท๐˜‚๐—ต : ๐—ฃ๐—ฒ๐—ป๐—ด๐—ฎ๐—ธ๐˜‚๐—ฎ๐—ป ๐—ฝ๐—ถ๐—ต๐—ฎ๐—ธ โ€œ๐—น๐—ฎ๐˜„๐—ฎ๐—ปโ€

Al imam Ibnu Taimiyah sendiri Ketika โ€œmencelaโ€ sang imam Izz Abdussalam dengan pemahaman Asyโ€™ariyahnya beliau berkata :

ูˆุฃุจูˆ ู…ุญู…ุฏ ูˆ ุฃู…ุซุงู„ู‡ ุณู„ูƒูˆุง ู…ุณู„ูƒ

"Abu Muhammad (imam Ibnu Abdisssalam) dan orang-orang seperti dia yang mengikuti jalan ...โ€[10]

๐—•๐˜‚๐—ธ๐˜๐—ถ ๐—ธ๐—ฒ๐—ฑ๐—ฒ๐—น๐—ฎ๐—ฝ๐—ฎ๐—ป : ๐——๐—ถ๐—ธ๐—ฒ๐—ป๐—ฎ๐—น ๐˜€๐—ฒ๐—ฏ๐—ฎ๐—ด๐—ฎ๐—ถ ๐˜€๐—ฒ๐—ผ๐—ฟ๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐—ฆ๐˜‚๐—ณ๐—ถ

Imam Suyuthi rahimahullah berkata :

ู„ู‡ ูƒุฑุงู…ุงุช ูƒุซูŠุฑุฉ ูˆู„ุจุณ ุฎุฑู‚ุฉ ุงู„ุชุตูˆู ู…ู† ุงู„ุดู‡ุงุจ ุงู„ุณู‡ุฑูˆุฑุฏูŠ

"Ia memiliki banyak karamah, dan ia mengenakan jubah sufisme dari Syihabuddin as Suhrawardi.โ€[11]

Imam adz Dzahabi rahimahullah berkata: 'Meskipun ia dikenal sangat keras, ia memiliki keahlian berbicara yang baik, menyampaikan kisah-kisah menarik dan syair. Ia menghadiri majelis samaโ€™.โ€ [12]

Bersambung ke bagian ke VI : imam Ibnu Jauzi..

baca juga : 

_______

[1] Al Aโ€™lam (4/21)

[2] Thabaqat Asy Syafiโ€™iyyah (8/219)

[3] Al Mausuโ€™ah al Maisarah (2/1244)

[4] Thabaqat Asy Syafiโ€™iyyah (8/218)

[5] Thabaqat Asy Syafiโ€™iyyah (8/218-238), Husn Al-Muhadharah (1/273)

[6] Thabaqat Asy Syafiโ€™iyyah (8/219)

[7] Thabaqat Asy Syafiโ€™iyyah (8/222)

[8] Qawaid al Ahkam (1/205)

[9] Qawaid al Ahkam (1/201)

[10] Naqd Al-Manthiq hal. 131

[11] Husn al Muhadharah (1/273)

[12] Alโ€˜Ibar (3/299) 

Sumber FB Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq

ยฉTerima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Bukti Izz Abdussalam Seorang Asy'ari - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ยฎ