Mana Bukti Kalangan Hanabilah Mentafwidh Makna?

Mana Bukti Kalangan Hanabilah Mentafwidh Makna?

๐— ๐—”๐—ก๐—” ๐—•๐—จ๐—ž๐—ง๐—œ ๐—ž๐—”๐—Ÿ๐—”๐—ก๐—š๐—”๐—ก ๐—›๐—”๐—ก๐—”๐—•๐—œ๐—Ÿ๐—”๐—› ๐— ๐—˜๐—ก๐—ง๐—”๐—™๐—ช๐—œ๐——๐—› ๐— ๐—”๐—ž๐—ก๐—”?

Kiyai bisa minta bukti bahwa ada dari kalangan Hanabilah itu mentafwidh secara ma’na sebagaimana yang kiyai sampaikan di video?

๐—๐—ฎ๐˜„๐—ฎ๐—ฏ๐—ฎ๐—ป

Oleh : Ahmad Syahrin Thoriq

Sikap para ulama terhadap sifat-sifat Allah ta’ala yang musytabihat terbagi menjadi dua, yakni dengan tafwidh dalam ma’na dan sebagiannya melakukan takwil. Kalangan Hanabilah dan pendapat yang unggul dari madzhab Asy’ariyah juga Maturidiyah melakukan tafwidh, yakni menerima dan menetapkan nash dan menyerahkan ma’na dan kaifiyahnya kepada Allah. Sebagaimana yang dinyatakan oleh al imam Nawawi rahimahullah :

ุงุนู„ู… ุฃู† ู„ุฃู‡ู„ ุงู„ุนู„ู… ููŠ ุฃุญุงุฏูŠุซ ุงู„ุตูุงุช ู‚ูˆู„ูŠู†: ุฃุญุฏู‡ู…ุง: ูˆู‡ูˆ ู…ุฐู‡ุจ ู…ุนุธู… ุงู„ุณู„ู ุฃูˆ ูƒู„ู‡ู… ุฃู†ู‡ ู„ุง ูŠุชูƒู„ู… ููŠ ู…ุนู†ุงู‡ุง، ุจู„ ูŠู‚ูˆู„ูˆู†: ูŠุฌุจ ุนู„ูŠู†ุง ุฃู† ู†ุคู…ู† ุจู‡ุง ูˆู†ุนุชู‚ุฏ ู„ู‡ุง ู…ุนู†ู‰ ูŠู„ูŠู‚ ุจุฌู„ุงู„ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ ูˆุนุธู…ุชู‡، ู…ุน ุงุนุชู‚ุงุฏู†ุง ุงู„ุฌุงุฒู… ุฃู† ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ ู„ูŠุณ ูƒู…ุซู„ู‡ ุดูŠุก، ูˆุฃู†ู‡ ู…ู†ุฒู‡ ุนู† ุงู„ุชุฌุณูŠู… ูˆุงู„ุงู†ุชู‚ุงู„ ูˆุงู„ุชุญูŠุฒ ููŠ ุฌู‡ุฉ، ูˆุนู† ุณุงุฆุฑ ุตูุงุช ุงู„ู…ุฎู„ูˆู‚، ูˆู‡ุฐุง ุงู„ู‚ูˆู„ ู‡ูˆ ู…ุฐู‡ุจ ุฌู…ุงุนุฉ ู…ู† ุงู„ู…ุชูƒู„ู…ูŠู†، ูˆุงุฎุชุงุฑู‡ ุฌู…ุงุนุฉ ู…ู† ู…ุญู‚ู‚ูŠู‡ู…، ูˆู‡ูˆ ุฃุณู„ู…. 

ูˆุงู„ู‚ูˆู„ ุงู„ุซุงู†ูŠ: ู‡ูˆ ู…ุฐู‡ุจ ู…ุนุธู… ุงู„ู…ุชูƒู„ู…ูŠู† ุฃู†ู‡ุง ุชุคูˆู„ ุนู„ู‰ ู…ุง ูŠู„ูŠู‚ ุจู‡ุง ุนู„ู‰ ุญุณุจ ู…ูˆุงู‚ุนู‡ุง، ูˆุฅู†ู…ุง ูŠุณูˆุบ ุชุฃูˆูŠู„ู‡ุง ู„ู…ู† ูƒุงู† ู…ู† ุฃู‡ู„ู‡، ุจุฃู† ูŠูƒูˆู† ุนุงุฑูุฉ ุจู„ุณุงู† ุงู„ุนุฑุจ ูˆู‚ูˆุงุนุฏ ุงู„ุฃุตูˆู„ ูˆุงู„ูุฑูˆุน ุฐุง ุฑูŠุงุถุฉ ููŠ ุงู„ุนู„ู…

"Ketahuilah bahwa sikap ahli ilmu mengenai hadits-hadits sifat terbagi menjadi dua pendapat:

Pendapat Pertama : Dan ini adalah madzhab sebagian besar kaum salaf atau semuanya, bahwa ia tidak dibicarakan) ๐—ฝ๐—ฎ๐—ฑ๐—ฎ ๐—บ๐—ฎ๐—ธ๐—ป๐—ฎ๐—ป๐˜†๐—ฎ, bahkan mereka berkata: 

Wajib atas kita untuk mengimaninya dan meyakini baginya makna yang layak bagi keagungan dan kebesaran Allah Ta'ala, bersamaan dengan keyakinan kita yang tegas bahwa Allah Ta'ala tidak ada yang menyerupai-Nya, dan bahwa Dia disucikan dari tajsim (dijadikan berwujud), intiqal (berpindah), terbatasi pada suatu arah, dan dari sisa sifat-sifat makhluk lainnya.

Dan pendapat ini juga adalah madzhab dari sekelompok Mutakallimin (ahli ilmu kalam), dan ia dipilih oleh sekelompok peneliti mereka, dan ini adalah pilihan pendapat yang paling selamat.

Pendapat Kedua : Adalah madzhab sebagian besar Mutakallimin bahwa ia ditakwil dengan apa yang layak baginya sesuai dengan tempatnya. Dan takwil hanya diperbolehkan bagi siapa yang ahli darinya, yaitu dengan menjadi orang yang mengetahui bahasa Arab dan kaidah-kaidah ushul maupun furu’.”[1]

Dan kalangan Hanabilah atau terkadang juga disebut Atsariyah memegang model yang pertama yakni tafwidh dan menolak takwil, berikut diantara beberapa bukti yang bisa kita hadirkan dalam masalah ini :

๐—”๐—น ๐—ถ๐—บ๐—ฎ๐—บ ๐—”๐—ต๐—บ๐—ฎ๐—ฑ ๐—ฏ๐—ถ๐—ป ๐—›๐—ฎ๐—ป๐—ฏ๐—ฎ๐—น rahimahullah.

Dan Ali bin Isa mengabarkan kepadaku bahwa แธคanbal menceritakan kepada mereka, ia berkata: "Aku bertanya kepada Abลซ 'Abdillฤh (Imam Aแธฅmad bin แธคanbal) tentang hadits-hadits yang diriwayatkan:

'Sesungguhnya Allah ta’ala turun ke langit dunia,''Dan sesungguhnya Allah ta’ala akan terlihat (pada hari Kiamat),''Dan sesungguhnya Allah ta’ala meletakkan kaki-Nya,'. Dan hadits-hadits yang serupa dengan ini?"

Maka imam Ahmad bin Hanbal rahimahullah menjawab :

‌ู†ุคู…ู† ‌ุจู‡ุง، ‌ูˆู†ุตุฏู‚ ‌ุจู‡ุง، ‌ุจู„ุง ‌ูƒูŠู ‌ูˆู„ุง ‌ู…ุนู†ู‰، ูˆู„ุง ู†ุฑุฏ ู…ู†ู‡ุง ุดูŠุฆุง، ูˆู†ุนู„ู… ุฃู† ู…ุง ุฌุงุกุช ุจู‡ ุงู„ุฑุณู„ ุญู‚، ูˆู†ุนู„ู… ุฃู† ู…ุง ุซุจุช ุนู† ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„َّู‡ ุญู‚ ุฅุฐุง ูƒุงู†ุช ุจุฃุณุงู†ูŠุฏ ุตุญูŠุญุฉ، ูˆู„ุง ู†ุฑุฏ ุนู„ู‰ ู‚ูˆู„ู‡

"Kami mengimaninya dan kami membenarkannya tanpa kayf (menanyakan bagaimana/hakikatnya) dan ๐˜๐—ฎ๐—ป๐—ฝ๐—ฎ ๐—บ๐—ฎ'๐—ป๐—ฎ̄ (๐—บ๐—ฒ๐—ป๐—ฐ๐—ฎ๐—ฟ๐—ถ ๐—บ๐—ฎ๐—ธ๐—ป๐—ฎ๐—ป๐˜†๐—ฎ). Dan kami tidak menolak sedikit pun darinya, dan kami mengetahui bahwa apa yang dibawa oleh para Rasul adalah benar, dan kami mengetahui bahwa apa yang telah shahih dari Rasulullah ๏ทบ adalah benar jika ia memiliki sanad-sanad yang sahih.”[2]

Beliau juga berkata :

ุชู…ุฑ ูƒู…ุง ุฌุงุกุช ู…ู† ุบูŠุฑ ุจุญุซ ุนู† ู…ุนุงู†ูŠู‡ุง ูˆู†ุฎุงู„ู ู…ุง ุฎุทุฑ ููŠ ุงู„ุฎุงุทุฑ ุนู†ุฏ ุณู…ุงุนู‡ุง ูˆู†ู†ููŠ ุงู„ุชุดุจูŠู‡ ุนู† ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ ุนู†ุฏ ุฐูƒุฑู‡ุง ู…ุน ุชุตุฏูŠู‚ ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูˆุงู„ุฅูŠู…ุงู† ุจู‡ุง ูˆูƒู„ ู…ุง ูŠุนู‚ู„ ูˆูŠุชุตูˆุฑ ูู‡ูˆ ุชูƒูŠูŠู ูˆุชุดุจูŠู‡ ูˆู‡ูˆ ู…ุญุงู„

"Hadits-hadits sifat dilewatkan sebagaimana adanya; tanpa mencari maknanya, dan kami menyalahi apa yang terlintas di dalam benak ketika mendengarnya, dan kami menafikan tasybih (penyerupaan) dari Allah Ta'ala ketika menyebutkannya, disertai pembenaran terhadap Nabi ๏ทบ dan keimanan terhadapnya, dan segala sesuatu yang dipahami akal dan dibayangkan maka itu adalah takyif (penentuan kualitas/bentuk) dan tasybih, dan itu adalah hal mustahil."[3]

๐—”๐—น ๐—ถ๐—บ๐—ฎ๐—บ ๐—œ๐—ฏ๐—ป๐˜‚ ๐—ค๐˜‚๐—ฑ๐—ฎ๐—บ๐—ฎ๐—ต ๐—ฎ๐—น ๐— ๐—ฎ๐—พ๐—ฑ๐—ถ๐˜€๐—ถ rahimahullah, beliau berkata :

ูˆู…ุง ุฃุดุจู‡ ู‡ุฐู‡ ุงู„ุฃุญุงุฏูŠุซ ู†ุคู…ู† ุจู‡ุง ูˆู†ุตุฏู‚ ุจู‡ุง ุจู„ุง ูƒูŠู ูˆู„ุง ู…ุนู†ู‰

“Dan apa yang semisal tentang hadits (tasybih) kami mengimaninya dan membenarkannya ๐˜๐—ฎ๐—ป๐—ฝ๐—ฎ ๐—ธ๐—ฎ๐˜†๐—ณ ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป ๐—บ๐—ฎ๐—ธ๐—ป๐—ฎ.”[4]

Beliau rahimahullah juga berkata :

ูƒู„ ู…ุง ุฌุงุก ููŠ ุงู„ู‚ุฑุขู† ، ุฃูˆ ุตุญ ุนู† ุงู„ู…ุตุทูู‰ ุนู„ูŠู‡ ุงู„ุณู„ุงู… ู…ู† ุตูุงุช ุงู„ุฑุญู…ู† ، ูˆุฌุจ ุงู„ุฅูŠู…ุงู† ุจู‡ ، ูˆุชู„ู‚ูŠู‡ ุจุงู„ุชุณู„ูŠู… ูˆุงู„ู‚ุจูˆู„ ، ูˆุชุฑูƒ ุงู„ุชุนุฑุถ ู„ู‡ ุจุงู„ุฑุฏ ูˆุงู„ุชุฃูˆูŠู„ ، ูˆุงู„ุชุดุจูŠู‡ ูˆุงู„ุชู…ุซูŠู„ . ูˆู…ุง ุฃุดูƒู„ ู…ู† ุฐู„ูƒ ูˆุฌุจ ุฅุซุจุงุชู‡ ู„ูุธุงً ، ูˆุชุฑูƒ ุงู„ุชุนุฑุถ ู„ู…ุนู†ุงู‡ ، ูˆู†ุฑุฏ ุนู„ู…ู‡ ุฅู„ู‰ ู‚ุงุฆู„ู‡ ، ูˆู†ุฌุนู„ ุนู‡ุฏุชู‡ ุนู„ู‰ ู†ุงู‚ู„ู‡ ، ุงุชุจุงุนุงً ู„ุทุฑูŠู‚ ุงู„ุฑุงุณุฎูŠู† ููŠ ุงู„ุนู„ู… ، ุงู„ุฐูŠู† ุฃุซู†ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ู… ููŠ ูƒุชุงุจู‡ ุงู„ู…ุจูŠู† ุจู‚ูˆู„ู‡ ุณุจุญุงู†ู‡ ูˆุชุนุงู„ู‰: ( ูˆุงู„ุฑุงุณุฎูˆู† ููŠ ุงู„ุนู„ู… ูŠู‚ูˆู„ูˆู† ุขู…ู†ุง ุจู‡ ูƒู„ ู…ู† ุนู†ุฏ ุฑุจู†ุง

"Segala sesuatu yang datang di dalam al Qur'an, atau sahih dari al Musthafa ๏ทบ dari sifat-sifat ar Raแธฅman, wajib mengimaninya, dan menerimanya dengan penyerahan dan penerimaan, serta meninggalkan pembahasan padanya dengan penolakan dan takwil, tasybih dan tamtsil. 

Dan apa yang samar dari hal itu wajib menetapkannya secara lafadzh, dan ๐—บ๐—ฒ๐—ป๐—ถ๐—ป๐—ด๐—ด๐—ฎ๐—น๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—ฝ๐—ฒ๐—บ๐—ฏ๐—ฎ๐—ต๐—ฎ๐˜€๐—ฎ๐—ป ๐—ฝ๐—ฎ๐—ฑ๐—ฎ ๐—บ๐—ฎ๐—ธ๐—ป๐—ฎ๐—ป๐˜†๐—ฎ, dan kami kembalikan ilmunya kepada yang mengucapkannya, dan kami jadikan tanggung jawabnya pada yang meriwayatkannya, mengikuti jalan ar Rasyikun fil Ilmi (orang-orang yang mendalam ilmunya).

Yang mereka dipuji oleh Allah atas mereka dalam Kitab-Nya yang jelas dengan firman-Nya Subhanahu wa Ta'ala: (Dan orang-orang yang mendalam ilmunya berkata: Kami beriman padanya, semuanya dari sisi Rabb kami)."[5]

Beliau rahimahullah juga berkata :

ู„ุง ู†ุฒูŠุฏูƒ ุนู„ู‰ ุฃู„ูุงุธู‡ุง ุฒูŠุงุฏุฉ ุชููŠุฏ ู…ุนู†ู‰ ุจู„ ู‚ุฑุงุกุชู‡ุง ุชูุณูŠุฑู‡ุง ู…ู† ุบูŠุฑ ู…ุนู†ู‰ ุจุนูŠู†ู‡ ูˆู„ุง ุชูุณูŠุฑ ุจู†ูุณู‡ ، ูˆู„ูƒู† ู‚ุฏ ุนู„ู…ู†ุง ุฃู† ู„ู‡ุง ู…ุนู†ู‰ ููŠ ุงู„ุฌู…ู„ุฉ ูŠุนู„ู…ู‡ ุงู„ู…ุชูƒู„ู… ุจู‡ุง ูู†ุญู† ู†ุคู…ู† ุจู‡ุง ุจุฐู„ูƒ ุงู„ู…ุนู†ู‰

“Kami tidak menambahkan pada lafadz nas tambahan yang memberikan makna, bahkan membacanya adalah tafsirnya, ๐˜๐—ฎ๐—ป๐—ฝ๐—ฎ ๐—บ๐—ฎ๐—ธ๐—ป๐—ฎ ๐˜๐—ฒ๐—ฟ๐˜๐—ฒ๐—ป๐˜๐˜‚ dan tanpa tafsir itu sendiri, tetapi kami telah mengetahui bahwa ia memiliki makna secara keseluruhan yang diketahui oleh yang mengucapkan dengannya (Allah). Maka kami mengimaninya dengan makna itu.”[6]

๐—”๐—น ๐—ถ๐—บ๐—ฎ๐—บ ๐—œ๐—ฏ๐—ป๐˜‚ ๐—ฅ๐—ฎ๐—ท๐—ฎ๐—ฏ ๐—ฎ๐—น ๐—›๐—ฎ๐—ป๐—ฏ๐—ฎ๐—น๐—ถ rahimahullah berkata :

ูˆุงู„ุตูˆุงุจ ู…ุง ุนู„ูŠู‡ ุงู„ุณู„ู ุงู„ุตุงู„ุญ ู…ู† ุฅู…ุฑุงุฑ ุขูŠุงุช ุงู„ุตูุงุช ูˆุฃุญุงุฏูŠุซู‡ุง ูƒู…ุง ุฌุงุกุช ู…ู† ุบูŠุฑุชูุณูŠุฑ ูˆู„ุงุชูƒูŠูŠู  ูˆู„ุง ุชู…ุซูŠู„  ูˆู„ุง ูŠุตุญ ุนู† ุฃุญุฏ ู…ู†ู‡ู… ุฎู„ุงู ุฐู„ูƒ ุงู„ุจุชุฉ ، ุฎุตูˆุตุง ุงู„ุฅู…ุงู… ุฃุญู…ุฏ   ูˆู„ุง  ุฎูˆุถ ููŠ ู…ุนุงู†ูŠู‡ุง

“Dan yang benar adalah apa yang dipegang teguh oleh Salafus Shalih, yaitu melewatkan ayat-ayat sifat dan hadits-haditsnya sebagaimana ia datang, ๐˜๐—ฎ๐—ป๐—ฝ๐—ฎ ๐˜๐—ฎ๐—ณ๐˜€๐—ถ๐—ฟ ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป ๐˜๐—ฎ๐—ป๐—ฝ๐—ฎ ๐˜๐—ฎ๐—ธ๐˜†๐—ถ๐—ณ ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป ๐˜๐—ฎ๐—ป๐—ฝ๐—ฎ ๐˜๐—ฎ๐—บ๐˜๐˜€๐—ถ๐—น (๐—ฝ๐—ฒ๐—ป๐˜†๐—ฒ๐—ฟ๐˜‚๐—ฝ๐—ฎ๐—ฎ๐—ป). Dan tidak sah riwayat dari seorang pun di antara mereka yang menyalahi hal itu sama sekali, khususnya Imam Ahmad, dan tidak ada pembahasan mendalam pada maknanya.”[7]

๐—”๐—น ๐—ถ๐—บ๐—ฎ๐—บ ๐—œ๐—ฏ๐—ป๐˜‚ ๐—›๐—ฎ๐—บ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป ๐—ฎ๐—น ๐—›๐—ฎ๐—ป๐—ฏ๐—ฎ๐—น๐—ถ rahimahullah, beliau berkata :

ุฃุญุงุฏูŠุซ ุงู„ุตูุงุช ุชู…ุฑ ูƒู…ุง ูƒู…ุง ุฌุงุกุช ู…ู† ุบูŠุฑ ุจุญุซ ุนู† ู…ุนุงู†ู‡ุง ูˆ ูƒู„ ู…ุง ูŠุนู‚ู„ ูˆ ูŠุชุตูˆุฑ ูู‡ูˆ ุชูƒูŠูŠู ูˆุชุดุจูŠู‡. ูˆู‡ูˆ ู…ุญุงู„. ูˆูŠุฌุจ ุงู† ู†ุตู ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ ุจู…ุง ูˆุตู ุจู‡ ู†ูุณู‡ ุงูˆ ูˆุตู ุจู‡ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ูˆุฅู…ุฑุงุฑู‡ ูƒู…ุง ุฌุงุก ูˆุงู† ู„ู… ูŠุนู‚ู„ ู…ุนู†ุงู‡

"Hadits-hadits tentang sifat (Allah) dilewatkan sebagaimana adanya, ๐˜๐—ฎ๐—ป๐—ฝ๐—ฎ ๐—บ๐—ฒ๐—ป๐—ฐ๐—ฎ๐—ฟ๐—ถ ๐—บ๐—ฎ๐—ธ๐—ป๐—ฎ๐—ป๐˜†๐—ฎ, dan segala sesuatu yang dipahami akal atau dibayangkan (dikonsepkan) maka itu adalah takyif (penentuan kualitas/bentuk) dan tasybih (penyerupaan). Dan hal itu adalah mustahil.

Dan wajib bahwa kita menyifati Allah Ta'ala dengan apa yang Dia sifatkan bagi diri-Nya atau yang Rasulullah sifati bagi-Nya, dan melewatkannya sebagaimana ia datang meskipun maknanya tidak dapat dipahami akal.”[8]

๐—”๐—น ๐—ถ๐—บ๐—ฎ๐—บ ๐—ฎ๐—น ๐— ๐—ฎ๐—ฟ’๐—ถ ๐—ฎ๐—น ๐—ž๐—ฎ๐—ฟ๐—บ๐—ถ rahimahullah berkata :

ูˆุงุนู„ู… ุฃู† ู‡ุฐู‡ ุงู„ุฃุญุงุฏุซ ูˆู†ุญูˆู‡ุง ุชุฑูˆ ูƒู…ุง ุฌุงุกุช. ูˆูŠููˆุถ ู…ุนู†ุงู‡ุง ุฅู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰

"Dan ketahuilah bahwa hadits-hadits ini dan yang semisalnya diriwayatkan sebagaimana adanya. Dan ๐—บ๐—ฎ๐—ธ๐—ป๐—ฎ๐—ป๐˜†๐—ฎ ๐—ฑ๐—ถ๐˜€๐—ฒ๐—ฟ๐—ฎ๐—ต๐—ธ๐—ฎ๐—ป kepada Allah Ta'ala."[9]

Beliau juga berkata :

ูˆุฌู…ู‡ูˆุฑ ุฃู‡ู„ ุงู„ุณู†ุฉ ، ู…ู†ู‡ู… ุงู„ุณู„ู ูˆุฃู‡ู„ ุงู„ุญุฏูŠุซ ุนู„ู‰ ุงู„ุฅูŠู…ุงู† ุจู‡ุง ، ูˆุชููˆูŠุถ ู…ุนู†ุงู‡ุง ุงู„ู…ุฑุงุฏ ู…ู†ู‡ุง ุฅู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ ูˆู„ุง ู†ُูุณุฑู‡ุง  ู…ุน ุชู†ุฒูŠู‡ู†ุง ู„ู‡ ุนู† ุญู‚ูŠู‚ุชู‡ุง

“Dan mayoritas Ahlus Sunnah, di antaranya Salaf dan Ahli Hadis, berpegang pada keimanan terhadapnya, dan ๐—บ๐—ฒ๐—ป๐˜†๐—ฒ๐—ฟ๐—ฎ๐—ต๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—บ๐—ฎ๐—ธ๐—ป๐—ฎ yang dimaksud darinya kepada Allah Ta'ala, dan kami tidak menafsirkannya, bersamaan dengan penyucian kami dari hakikatnya.”[10]

๐—”๐—น ๐—ถ๐—บ๐—ฎ๐—บ ๐—ฆ๐—ฎ๐—ณ๐—ฎ๐—ฟ๐—ถ๐—ป๐—ถ ๐—ฎ๐—น ๐—›๐—ฎ๐—ป๐—ฏ๐—ฎ๐—น๐—ถ rahimahullah berkata :

ูู…ุฐู‡ุจ ุงู„ุณู„ู ููŠ ุขูŠุงุช ุงู„ุตูุงุช ุฃู†ู‡ุง ู„ุง ุชุคูˆู„، ูˆู„ุง ุชูุณุฑ ุจู„ ูŠุฌุจ ุงู„ุฅูŠู…ุงู† ุจู‡ุง، ‌ูˆุชููˆูŠุถ ‌ู…ุนู†ุงู‡ุง ุงู„ู…ุฑุงุฏ ู…ู†ู‡ุง ุฅู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰، ูู‚ุฏ ุฑูˆู‰ ุงู„ู„ุงู„ูƒุงุฆูŠ ุงู„ุญุงูุธ ุนู† ู…ุญู…ุฏ ุจู† ุงู„ุญุณู† ู‚ุงู„ ุงุชูู‚ ุงู„ูู‚ู‡ุงุก ูƒู„ู‡ู… ู…ู† ุงู„ู…ุดุฑู‚ ุฅู„ู‰ ุงู„ู…ุบุฑุจ ุนู„ู‰ ุงู„ุฅูŠู…ุงู† ุจุงู„ุตูุงุช ู…ู† ุบูŠุฑ ุชูุณูŠุฑ ูˆู„ุง ุชุดุจูŠู‡

“Maka madzhab kaum salaf dalam ayat-ayat sifat adalah bahwa ia tidak ditakwil dan tidak juga ditafsirkan (ditentukan maknanya secara pasti), bahkan wajib mengimaninya, dan ๐—บ๐—ฒ๐—ป๐˜†๐—ฒ๐—ฟ๐—ฎ๐—ต๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—บ๐—ฎ๐—ธ๐—ป๐—ฎ yang dimaksud darinya kepada Allah Ta'ala.

Sungguh al Lalikai al Hafiz telah meriwayatkan dari Muhammad bin al-Hasan, ia berkata: "Para fuqaha semuanya, dari timur hingga barat, sepakat atas keimanan terhadap sifat-sifat tanpa tafsir dan tanpa tasybih (penyerupaan)."[11]

๐—”๐—น ๐—ถ๐—บ๐—ฎ๐—บ ๐—ฏ๐—ถ๐—ป ๐—จ๐˜๐˜€๐—บ๐—ฎ๐—ป ๐—ฏ๐—ถ๐—ป ๐—ค๐—ฎ’๐—ถ๐—ฑ ๐—ฎ๐—ป ๐—ก๐—ฎ๐—ท๐—ฑ๐—ถ al Hanbali rahimahullah berkata : 

ูู…ุง ุฌุงุก ูู‰ ุงู„ูƒุชุงุจ ูˆ ุงู„ุณู†ุฉ ูˆุฌุจ ุนู„ู‰ ูƒู„ ู…ุคู…ู† ุงู„ุฅูŠู…ุงู† ุจู‡ ูˆุฅู† ู„ู… ูŠูู‡ู… ู…ุนู†ุงู‡

“Maka apa pun yang datang dari al Kitab dan as Sunnah, wajib atas setiap mukmin untuk mengimaninya ๐—บ๐—ฒ๐˜€๐—ธ๐—ถ๐—ฝ๐˜‚๐—ป ๐—ถ๐—ฎ ๐˜๐—ถ๐—ฑ๐—ฎ๐—ธ ๐—บ๐—ฒ๐—บ๐—ฎ๐—ต๐—ฎ๐—บ๐—ถ ๐—บ๐—ฎ๐—ธ๐—ป๐—ฎ๐—ป๐˜†๐—ฎ.”[12]

๐—”๐—น ๐—ถ๐—บ๐—ฎ๐—บ ๐—œ๐—ฏ๐—ป๐˜‚ ๐—•๐—ฎ๐˜๐˜๐—ต๐—ฎ๐—ต al Hanbali rahimahullah berkata : 

๏ปฃ๏บŽ ๏ปญ๏บป๏ป’ ุง๏ปŸ๏ป ๏ปช ๏ปง๏ป”๏บด๏ปช ๏ป“๏ป˜๏บฎุงุก๏บ—๏ปช ๏บ—๏ป”๏บด๏ปด๏บฎ๏ปฉ، ๏ปŸ๏ปด๏บฒ ๏ปท๏บฃ๏บช ๏บƒ๏ปฅ ๏ปณ๏ป”๏บด๏บฎ๏ปฉ ๏บ‡๏ปป ุง๏ปŸ๏ป ๏ปช ๏ป‹๏บฐ ๏ปญ๏บŸ๏ปž.  ูุงู†ุธุฑ ู€ ุนุงูุงูƒ ุงู„ู„ู‡ ู€ ุฅู„ู‰ ู‚ูˆู„ู‡ู…: ุชุฑูˆู‰ ูƒู…ุง ุฌุงุกุช ุชُู…َุฑُّ ูƒู…ุง ุฌุงุกุช  ูู‚ุฑุงุกุชُู‡ ุชูุณูŠุฑُู‡  ู„ุง ุชُูَุณَّุฑูˆู„ุง ุชُุชَูˆَู‡َّู… , ูˆู„ุง ูŠู‚ุงู„: ูƒูŠูَ ู„ุชุนู„ู… ู…ุนู†ู‰ ุงู„ุชููˆูŠุถ ุนู†ุฏ ุงู„ุณู„ู ุงู„ุตุงู„ุญ 

“Sufyan bin 'Uyainah berkata: ‘Apa yang Allah sifatkan bagi diri-Nya, maka membacanya adalah penafsirannya. Tidak seorang pun berhak menafsirkannya kecuali Allah Azza wajalla.

Maka lihatlah – semoga Allah memberikan kesehatan kepadamu – pada perkataan mereka: "Diriwayatkan sebagaimana ia datang," "dilewatkan sebagaimana ia datang," "maka membacanya adalah penafsirannya," " ๐˜๐—ถ๐—ฑ๐—ฎ๐—ธ ๐—ฑ๐—ถ๐˜๐—ฎ๐—ณ๐˜€๐—ถ๐—ฟ๐—ธ๐—ฎ๐—ป, ๐˜๐—ถ๐—ฑ๐—ฎ๐—ธ ๐—ฑ๐—ถ๐—ฏ๐—ฎ๐˜†๐—ฎ๐—ป๐—ด๐—ธ๐—ฎ๐—ป, ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป ๐˜๐—ถ๐—ฑ๐—ฎ๐—ธ ๐—ฑ๐—ถ๐—ธ๐—ฎ๐˜๐—ฎ๐—ธ๐—ฎ๐—ป: ๐—ฏ๐—ฎ๐—ด๐—ฎ๐—ถ๐—บ๐—ฎ๐—ป๐—ฎ." Agar engkau mengetahui makna at-tafwฤซแธ (penyerahan makna) menurut Salafus Saleh.”[13]

Wallahu a’lam.

________________________________________

[1] Syarh Shahih Muslim (3/19)

[2] Jami’ li Ulum Imam Ahmad (3/396)

[3] Lawami’ al Anwar Bahiyah (1/241)

[4] Lum’atul I’tiqad hlm. 60

[5] Lum’atul I’tiqad hlm. 6

[6] Taแธฅrim an-Naแบ“ar fi Kutub al Kalam hlm 59

[7] Fadhlu Ilmi Salaf ala Khalaf hlm. 33

[8] NIhayatul Mubtadiin fi Ushuluddin hlm. 33

[9] Al Aqawil ats Tsiqat fi at Takwil al Asma wa ash Shifat hlm 117

[10] Al Aqawil ats Tsiqat fi at Takwil al Asma wa ash Shifat hlm 65

[11] Lawami’ al Anwar Bahiyah (1/219)

[12] Najatul Khalaf fi I’tiqadul Salaf hlm. 14

[13] Al Ibanah al Kubra hlm 123  

Sumber FB Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Mana Bukti Kalangan Hanabilah Mentafwidh Makna? - Kajian Ulama". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Kajian Ulama Aswaja ®