๐ ๐๐ก๐ ๐๐จ๐๐ง๐ ๐๐๐๐๐ก๐๐๐ก ๐๐๐ก๐๐๐๐๐๐ ๐ ๐๐ก๐ง๐๐๐ช๐๐๐ ๐ ๐๐๐ก๐?
Kiyai bisa minta bukti bahwa ada dari kalangan Hanabilah itu mentafwidh secara ma’na sebagaimana yang kiyai sampaikan di video?
๐๐ฎ๐๐ฎ๐ฏ๐ฎ๐ป
Oleh : Ahmad Syahrin Thoriq
Sikap para ulama terhadap sifat-sifat Allah ta’ala yang musytabihat terbagi menjadi dua, yakni dengan tafwidh dalam ma’na dan sebagiannya melakukan takwil. Kalangan Hanabilah dan pendapat yang unggul dari madzhab Asy’ariyah juga Maturidiyah melakukan tafwidh, yakni menerima dan menetapkan nash dan menyerahkan ma’na dan kaifiyahnya kepada Allah. Sebagaimana yang dinyatakan oleh al imam Nawawi rahimahullah :
ุงุนูู ุฃู ูุฃูู ุงูุนูู ูู ุฃุญุงุฏูุซ ุงูุตูุงุช ููููู: ุฃุญุฏูู ุง: ููู ู ุฐูุจ ู ุนุธู ุงูุณูู ุฃู ูููู ุฃูู ูุง ูุชููู ูู ู ุนูุงูุง، ุจู ูููููู: ูุฌุจ ุนูููุง ุฃู ูุคู ู ุจูุง ููุนุชูุฏ ููุง ู ุนูู ูููู ุจุฌูุงู ุงููู ุชุนุงูู ูุนุธู ุชู، ู ุน ุงุนุชูุงุฏูุง ุงูุฌุงุฒู ุฃู ุงููู ุชุนุงูู ููุณ ูู ุซูู ุดูุก، ูุฃูู ู ูุฒู ุนู ุงูุชุฌุณูู ูุงูุงูุชูุงู ูุงูุชุญูุฒ ูู ุฌูุฉ، ูุนู ุณุงุฆุฑ ุตูุงุช ุงูู ุฎููู، ููุฐุง ุงูููู ูู ู ุฐูุจ ุฌู ุงุนุฉ ู ู ุงูู ุชููู ูู، ูุงุฎุชุงุฑู ุฌู ุงุนุฉ ู ู ู ุญููููู ، ููู ุฃุณูู .
ูุงูููู ุงูุซุงูู: ูู ู ุฐูุจ ู ุนุธู ุงูู ุชููู ูู ุฃููุง ุชุคูู ุนูู ู ุง ูููู ุจูุง ุนูู ุญุณุจ ู ูุงูุนูุง، ูุฅูู ุง ูุณูุบ ุชุฃููููุง ูู ู ูุงู ู ู ุฃููู، ุจุฃู ูููู ุนุงุฑูุฉ ุจูุณุงู ุงูุนุฑุจ ูููุงุนุฏ ุงูุฃุตูู ูุงููุฑูุน ุฐุง ุฑูุงุถุฉ ูู ุงูุนูู
"Ketahuilah bahwa sikap ahli ilmu mengenai hadits-hadits sifat terbagi menjadi dua pendapat:
Pendapat Pertama : Dan ini adalah madzhab sebagian besar kaum salaf atau semuanya, bahwa ia tidak dibicarakan) ๐ฝ๐ฎ๐ฑ๐ฎ ๐บ๐ฎ๐ธ๐ป๐ฎ๐ป๐๐ฎ, bahkan mereka berkata:
Wajib atas kita untuk mengimaninya dan meyakini baginya makna yang layak bagi keagungan dan kebesaran Allah Ta'ala, bersamaan dengan keyakinan kita yang tegas bahwa Allah Ta'ala tidak ada yang menyerupai-Nya, dan bahwa Dia disucikan dari tajsim (dijadikan berwujud), intiqal (berpindah), terbatasi pada suatu arah, dan dari sisa sifat-sifat makhluk lainnya.
Dan pendapat ini juga adalah madzhab dari sekelompok Mutakallimin (ahli ilmu kalam), dan ia dipilih oleh sekelompok peneliti mereka, dan ini adalah pilihan pendapat yang paling selamat.
Pendapat Kedua : Adalah madzhab sebagian besar Mutakallimin bahwa ia ditakwil dengan apa yang layak baginya sesuai dengan tempatnya. Dan takwil hanya diperbolehkan bagi siapa yang ahli darinya, yaitu dengan menjadi orang yang mengetahui bahasa Arab dan kaidah-kaidah ushul maupun furu’.”[1]
Dan kalangan Hanabilah atau terkadang juga disebut Atsariyah memegang model yang pertama yakni tafwidh dan menolak takwil, berikut diantara beberapa bukti yang bisa kita hadirkan dalam masalah ini :
๐๐น ๐ถ๐บ๐ฎ๐บ ๐๐ต๐บ๐ฎ๐ฑ ๐ฏ๐ถ๐ป ๐๐ฎ๐ป๐ฏ๐ฎ๐น rahimahullah.
Dan Ali bin Isa mengabarkan kepadaku bahwa แธคanbal menceritakan kepada mereka, ia berkata: "Aku bertanya kepada Abลซ 'Abdillฤh (Imam Aแธฅmad bin แธคanbal) tentang hadits-hadits yang diriwayatkan:
'Sesungguhnya Allah ta’ala turun ke langit dunia,''Dan sesungguhnya Allah ta’ala akan terlihat (pada hari Kiamat),''Dan sesungguhnya Allah ta’ala meletakkan kaki-Nya,'. Dan hadits-hadits yang serupa dengan ini?"
Maka imam Ahmad bin Hanbal rahimahullah menjawab :
ูุคู ู ุจูุง، ููุตุฏู ุจูุง، ุจูุง ููู ููุง ู ุนูู، ููุง ูุฑุฏ ู ููุง ุดูุฆุง، ููุนูู ุฃู ู ุง ุฌุงุกุช ุจู ุงูุฑุณู ุญู، ููุนูู ุฃู ู ุง ุซุจุช ุนู ุฑุณูู ุงَّููู ุญู ุฅุฐุง ูุงูุช ุจุฃุณุงููุฏ ุตุญูุญุฉ، ููุง ูุฑุฏ ุนูู ูููู
"Kami mengimaninya dan kami membenarkannya tanpa kayf (menanyakan bagaimana/hakikatnya) dan ๐๐ฎ๐ป๐ฝ๐ฎ ๐บ๐ฎ'๐ป๐ฎ̄ (๐บ๐ฒ๐ป๐ฐ๐ฎ๐ฟ๐ถ ๐บ๐ฎ๐ธ๐ป๐ฎ๐ป๐๐ฎ). Dan kami tidak menolak sedikit pun darinya, dan kami mengetahui bahwa apa yang dibawa oleh para Rasul adalah benar, dan kami mengetahui bahwa apa yang telah shahih dari Rasulullah ๏ทบ adalah benar jika ia memiliki sanad-sanad yang sahih.”[2]
Beliau juga berkata :
ุชู ุฑ ูู ุง ุฌุงุกุช ู ู ุบูุฑ ุจุญุซ ุนู ู ุนุงูููุง ููุฎุงูู ู ุง ุฎุทุฑ ูู ุงูุฎุงุทุฑ ุนูุฏ ุณู ุงุนูุง ููููู ุงูุชุดุจูู ุนู ุงููู ุชุนุงูู ุนูุฏ ุฐูุฑูุง ู ุน ุชุตุฏูู ุงููุจู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ูุงูุฅูู ุงู ุจูุง ููู ู ุง ูุนูู ููุชุตูุฑ ููู ุชูููู ูุชุดุจูู ููู ู ุญุงู
"Hadits-hadits sifat dilewatkan sebagaimana adanya; tanpa mencari maknanya, dan kami menyalahi apa yang terlintas di dalam benak ketika mendengarnya, dan kami menafikan tasybih (penyerupaan) dari Allah Ta'ala ketika menyebutkannya, disertai pembenaran terhadap Nabi ๏ทบ dan keimanan terhadapnya, dan segala sesuatu yang dipahami akal dan dibayangkan maka itu adalah takyif (penentuan kualitas/bentuk) dan tasybih, dan itu adalah hal mustahil."[3]
๐๐น ๐ถ๐บ๐ฎ๐บ ๐๐ฏ๐ป๐ ๐ค๐๐ฑ๐ฎ๐บ๐ฎ๐ต ๐ฎ๐น ๐ ๐ฎ๐พ๐ฑ๐ถ๐๐ถ rahimahullah, beliau berkata :
ูู ุง ุฃุดุจู ูุฐู ุงูุฃุญุงุฏูุซ ูุคู ู ุจูุง ููุตุฏู ุจูุง ุจูุง ููู ููุง ู ุนูู
“Dan apa yang semisal tentang hadits (tasybih) kami mengimaninya dan membenarkannya ๐๐ฎ๐ป๐ฝ๐ฎ ๐ธ๐ฎ๐๐ณ ๐ฑ๐ฎ๐ป ๐บ๐ฎ๐ธ๐ป๐ฎ.”[4]
Beliau rahimahullah juga berkata :
ูู ู ุง ุฌุงุก ูู ุงููุฑุขู ، ุฃู ุตุญ ุนู ุงูู ุตุทูู ุนููู ุงูุณูุงู ู ู ุตูุงุช ุงูุฑุญู ู ، ูุฌุจ ุงูุฅูู ุงู ุจู ، ูุชูููู ุจุงูุชุณููู ูุงููุจูู ، ูุชุฑู ุงูุชุนุฑุถ ูู ุจุงูุฑุฏ ูุงูุชุฃููู ، ูุงูุชุดุจูู ูุงูุชู ุซูู . ูู ุง ุฃุดูู ู ู ุฐูู ูุฌุจ ุฅุซุจุงุชู ููุธุงً ، ูุชุฑู ุงูุชุนุฑุถ ูู ุนูุงู ، ููุฑุฏ ุนูู ู ุฅูู ูุงุฆูู ، ููุฌุนู ุนูุฏุชู ุนูู ูุงููู ، ุงุชุจุงุนุงً ูุทุฑูู ุงูุฑุงุณุฎูู ูู ุงูุนูู ، ุงูุฐูู ุฃุซูู ุงููู ุนูููู ูู ูุชุงุจู ุงูู ุจูู ุจูููู ุณุจุญุงูู ูุชุนุงูู: ( ูุงูุฑุงุณุฎูู ูู ุงูุนูู ูููููู ุขู ูุง ุจู ูู ู ู ุนูุฏ ุฑุจูุง
"Segala sesuatu yang datang di dalam al Qur'an, atau sahih dari al Musthafa ๏ทบ dari sifat-sifat ar Raแธฅman, wajib mengimaninya, dan menerimanya dengan penyerahan dan penerimaan, serta meninggalkan pembahasan padanya dengan penolakan dan takwil, tasybih dan tamtsil.
Dan apa yang samar dari hal itu wajib menetapkannya secara lafadzh, dan ๐บ๐ฒ๐ป๐ถ๐ป๐ด๐ด๐ฎ๐น๐ธ๐ฎ๐ป ๐ฝ๐ฒ๐บ๐ฏ๐ฎ๐ต๐ฎ๐๐ฎ๐ป ๐ฝ๐ฎ๐ฑ๐ฎ ๐บ๐ฎ๐ธ๐ป๐ฎ๐ป๐๐ฎ, dan kami kembalikan ilmunya kepada yang mengucapkannya, dan kami jadikan tanggung jawabnya pada yang meriwayatkannya, mengikuti jalan ar Rasyikun fil Ilmi (orang-orang yang mendalam ilmunya).
Yang mereka dipuji oleh Allah atas mereka dalam Kitab-Nya yang jelas dengan firman-Nya Subhanahu wa Ta'ala: (Dan orang-orang yang mendalam ilmunya berkata: Kami beriman padanya, semuanya dari sisi Rabb kami)."[5]
Beliau rahimahullah juga berkata :
ูุง ูุฒูุฏู ุนูู ุฃููุงุธูุง ุฒูุงุฏุฉ ุชููุฏ ู ุนูู ุจู ูุฑุงุกุชูุง ุชูุณูุฑูุง ู ู ุบูุฑ ู ุนูู ุจุนููู ููุง ุชูุณูุฑ ุจููุณู ، ูููู ูุฏ ุนูู ูุง ุฃู ููุง ู ุนูู ูู ุงูุฌู ูุฉ ูุนูู ู ุงูู ุชููู ุจูุง ููุญู ูุคู ู ุจูุง ุจุฐูู ุงูู ุนูู
“Kami tidak menambahkan pada lafadz nas tambahan yang memberikan makna, bahkan membacanya adalah tafsirnya, ๐๐ฎ๐ป๐ฝ๐ฎ ๐บ๐ฎ๐ธ๐ป๐ฎ ๐๐ฒ๐ฟ๐๐ฒ๐ป๐๐ dan tanpa tafsir itu sendiri, tetapi kami telah mengetahui bahwa ia memiliki makna secara keseluruhan yang diketahui oleh yang mengucapkan dengannya (Allah). Maka kami mengimaninya dengan makna itu.”[6]
๐๐น ๐ถ๐บ๐ฎ๐บ ๐๐ฏ๐ป๐ ๐ฅ๐ฎ๐ท๐ฎ๐ฏ ๐ฎ๐น ๐๐ฎ๐ป๐ฏ๐ฎ๐น๐ถ rahimahullah berkata :
ูุงูุตูุงุจ ู ุง ุนููู ุงูุณูู ุงูุตุงูุญ ู ู ุฅู ุฑุงุฑ ุขูุงุช ุงูุตูุงุช ูุฃุญุงุฏูุซูุง ูู ุง ุฌุงุกุช ู ู ุบูุฑุชูุณูุฑ ููุงุชูููู ููุง ุชู ุซูู ููุง ูุตุญ ุนู ุฃุญุฏ ู ููู ุฎูุงู ุฐูู ุงูุจุชุฉ ، ุฎุตูุตุง ุงูุฅู ุงู ุฃุญู ุฏ ููุง ุฎูุถ ูู ู ุนุงูููุง
“Dan yang benar adalah apa yang dipegang teguh oleh Salafus Shalih, yaitu melewatkan ayat-ayat sifat dan hadits-haditsnya sebagaimana ia datang, ๐๐ฎ๐ป๐ฝ๐ฎ ๐๐ฎ๐ณ๐๐ถ๐ฟ ๐ฑ๐ฎ๐ป ๐๐ฎ๐ป๐ฝ๐ฎ ๐๐ฎ๐ธ๐๐ถ๐ณ ๐ฑ๐ฎ๐ป ๐๐ฎ๐ป๐ฝ๐ฎ ๐๐ฎ๐บ๐๐๐ถ๐น (๐ฝ๐ฒ๐ป๐๐ฒ๐ฟ๐๐ฝ๐ฎ๐ฎ๐ป). Dan tidak sah riwayat dari seorang pun di antara mereka yang menyalahi hal itu sama sekali, khususnya Imam Ahmad, dan tidak ada pembahasan mendalam pada maknanya.”[7]
๐๐น ๐ถ๐บ๐ฎ๐บ ๐๐ฏ๐ป๐ ๐๐ฎ๐บ๐ฑ๐ฎ๐ป ๐ฎ๐น ๐๐ฎ๐ป๐ฏ๐ฎ๐น๐ถ rahimahullah, beliau berkata :
ุฃุญุงุฏูุซ ุงูุตูุงุช ุชู ุฑ ูู ุง ูู ุง ุฌุงุกุช ู ู ุบูุฑ ุจุญุซ ุนู ู ุนุงููุง ู ูู ู ุง ูุนูู ู ูุชุตูุฑ ููู ุชูููู ูุชุดุจูู. ููู ู ุญุงู. ููุฌุจ ุงู ูุตู ุงููู ุชุนุงูู ุจู ุง ูุตู ุจู ููุณู ุงู ูุตู ุจู ุฑุณูู ุงููู ูุฅู ุฑุงุฑู ูู ุง ุฌุงุก ูุงู ูู ูุนูู ู ุนูุงู
"Hadits-hadits tentang sifat (Allah) dilewatkan sebagaimana adanya, ๐๐ฎ๐ป๐ฝ๐ฎ ๐บ๐ฒ๐ป๐ฐ๐ฎ๐ฟ๐ถ ๐บ๐ฎ๐ธ๐ป๐ฎ๐ป๐๐ฎ, dan segala sesuatu yang dipahami akal atau dibayangkan (dikonsepkan) maka itu adalah takyif (penentuan kualitas/bentuk) dan tasybih (penyerupaan). Dan hal itu adalah mustahil.
Dan wajib bahwa kita menyifati Allah Ta'ala dengan apa yang Dia sifatkan bagi diri-Nya atau yang Rasulullah sifati bagi-Nya, dan melewatkannya sebagaimana ia datang meskipun maknanya tidak dapat dipahami akal.”[8]
๐๐น ๐ถ๐บ๐ฎ๐บ ๐ฎ๐น ๐ ๐ฎ๐ฟ’๐ถ ๐ฎ๐น ๐๐ฎ๐ฟ๐บ๐ถ rahimahullah berkata :
ูุงุนูู ุฃู ูุฐู ุงูุฃุญุงุฏุซ ููุญููุง ุชุฑู ูู ุง ุฌุงุกุช. ููููุถ ู ุนูุงูุง ุฅูู ุงููู ุชุนุงูู
"Dan ketahuilah bahwa hadits-hadits ini dan yang semisalnya diriwayatkan sebagaimana adanya. Dan ๐บ๐ฎ๐ธ๐ป๐ฎ๐ป๐๐ฎ ๐ฑ๐ถ๐๐ฒ๐ฟ๐ฎ๐ต๐ธ๐ฎ๐ป kepada Allah Ta'ala."[9]
Beliau juga berkata :
ูุฌู ููุฑ ุฃูู ุงูุณูุฉ ، ู ููู ุงูุณูู ูุฃูู ุงูุญุฏูุซ ุนูู ุงูุฅูู ุงู ุจูุง ، ูุชูููุถ ู ุนูุงูุง ุงูู ุฑุงุฏ ู ููุง ุฅูู ุงููู ุชุนุงูู ููุง ُููุณุฑูุง ู ุน ุชูุฒูููุง ูู ุนู ุญูููุชูุง
“Dan mayoritas Ahlus Sunnah, di antaranya Salaf dan Ahli Hadis, berpegang pada keimanan terhadapnya, dan ๐บ๐ฒ๐ป๐๐ฒ๐ฟ๐ฎ๐ต๐ธ๐ฎ๐ป ๐บ๐ฎ๐ธ๐ป๐ฎ yang dimaksud darinya kepada Allah Ta'ala, dan kami tidak menafsirkannya, bersamaan dengan penyucian kami dari hakikatnya.”[10]
๐๐น ๐ถ๐บ๐ฎ๐บ ๐ฆ๐ฎ๐ณ๐ฎ๐ฟ๐ถ๐ป๐ถ ๐ฎ๐น ๐๐ฎ๐ป๐ฏ๐ฎ๐น๐ถ rahimahullah berkata :
ูู ุฐูุจ ุงูุณูู ูู ุขูุงุช ุงูุตูุงุช ุฃููุง ูุง ุชุคูู، ููุง ุชูุณุฑ ุจู ูุฌุจ ุงูุฅูู ุงู ุจูุง، ูุชูููุถ ู ุนูุงูุง ุงูู ุฑุงุฏ ู ููุง ุฅูู ุงููู ุชุนุงูู، ููุฏ ุฑูู ุงููุงููุงุฆู ุงูุญุงูุธ ุนู ู ุญู ุฏ ุจู ุงูุญุณู ูุงู ุงุชูู ุงููููุงุก ูููู ู ู ุงูู ุดุฑู ุฅูู ุงูู ุบุฑุจ ุนูู ุงูุฅูู ุงู ุจุงูุตูุงุช ู ู ุบูุฑ ุชูุณูุฑ ููุง ุชุดุจูู
“Maka madzhab kaum salaf dalam ayat-ayat sifat adalah bahwa ia tidak ditakwil dan tidak juga ditafsirkan (ditentukan maknanya secara pasti), bahkan wajib mengimaninya, dan ๐บ๐ฒ๐ป๐๐ฒ๐ฟ๐ฎ๐ต๐ธ๐ฎ๐ป ๐บ๐ฎ๐ธ๐ป๐ฎ yang dimaksud darinya kepada Allah Ta'ala.
Sungguh al Lalikai al Hafiz telah meriwayatkan dari Muhammad bin al-Hasan, ia berkata: "Para fuqaha semuanya, dari timur hingga barat, sepakat atas keimanan terhadap sifat-sifat tanpa tafsir dan tanpa tasybih (penyerupaan)."[11]
๐๐น ๐ถ๐บ๐ฎ๐บ ๐ฏ๐ถ๐ป ๐จ๐๐๐บ๐ฎ๐ป ๐ฏ๐ถ๐ป ๐ค๐ฎ’๐ถ๐ฑ ๐ฎ๐ป ๐ก๐ฎ๐ท๐ฑ๐ถ al Hanbali rahimahullah berkata :
ูู ุง ุฌุงุก ูู ุงููุชุงุจ ู ุงูุณูุฉ ูุฌุจ ุนูู ูู ู ุคู ู ุงูุฅูู ุงู ุจู ูุฅู ูู ูููู ู ุนูุงู
“Maka apa pun yang datang dari al Kitab dan as Sunnah, wajib atas setiap mukmin untuk mengimaninya ๐บ๐ฒ๐๐ธ๐ถ๐ฝ๐๐ป ๐ถ๐ฎ ๐๐ถ๐ฑ๐ฎ๐ธ ๐บ๐ฒ๐บ๐ฎ๐ต๐ฎ๐บ๐ถ ๐บ๐ฎ๐ธ๐ป๐ฎ๐ป๐๐ฎ.”[12]
๐๐น ๐ถ๐บ๐ฎ๐บ ๐๐ฏ๐ป๐ ๐๐ฎ๐๐๐ต๐ฎ๐ต al Hanbali rahimahullah berkata :
๏ปฃ๏บ ๏ปญ๏บป๏ป ุง๏ป๏ป ๏ปช ๏ปง๏ป๏บด๏ปช ๏ป๏ป๏บฎุงุก๏บ๏ปช ๏บ๏ป๏บด๏ปด๏บฎ๏ปฉ، ๏ป๏ปด๏บฒ ๏ปท๏บฃ๏บช ๏บ๏ปฅ ๏ปณ๏ป๏บด๏บฎ๏ปฉ ๏บ๏ปป ุง๏ป๏ป ๏ปช ๏ป๏บฐ ๏ปญ๏บ๏ป. ูุงูุธุฑ ู ุนุงูุงู ุงููู ู ุฅูู ููููู : ุชุฑูู ูู ุง ุฌุงุกุช ุชُู َุฑُّ ูู ุง ุฌุงุกุช ููุฑุงุกุชُู ุชูุณูุฑُู ูุง ุชَُูุณَّุฑููุง ุชُุชَََّููู , ููุง ููุงู: َููู ูุชุนูู ู ุนูู ุงูุชูููุถ ุนูุฏ ุงูุณูู ุงูุตุงูุญ
“Sufyan bin 'Uyainah berkata: ‘Apa yang Allah sifatkan bagi diri-Nya, maka membacanya adalah penafsirannya. Tidak seorang pun berhak menafsirkannya kecuali Allah Azza wajalla.
Maka lihatlah – semoga Allah memberikan kesehatan kepadamu – pada perkataan mereka: "Diriwayatkan sebagaimana ia datang," "dilewatkan sebagaimana ia datang," "maka membacanya adalah penafsirannya," " ๐๐ถ๐ฑ๐ฎ๐ธ ๐ฑ๐ถ๐๐ฎ๐ณ๐๐ถ๐ฟ๐ธ๐ฎ๐ป, ๐๐ถ๐ฑ๐ฎ๐ธ ๐ฑ๐ถ๐ฏ๐ฎ๐๐ฎ๐ป๐ด๐ธ๐ฎ๐ป, ๐ฑ๐ฎ๐ป ๐๐ถ๐ฑ๐ฎ๐ธ ๐ฑ๐ถ๐ธ๐ฎ๐๐ฎ๐ธ๐ฎ๐ป: ๐ฏ๐ฎ๐ด๐ฎ๐ถ๐บ๐ฎ๐ป๐ฎ." Agar engkau mengetahui makna at-tafwฤซแธ (penyerahan makna) menurut Salafus Saleh.”[13]
Wallahu a’lam.
________________________________________
[1] Syarh Shahih Muslim (3/19)
[2] Jami’ li Ulum Imam Ahmad (3/396)
[3] Lawami’ al Anwar Bahiyah (1/241)
[4] Lum’atul I’tiqad hlm. 60
[5] Lum’atul I’tiqad hlm. 6
[6] Taแธฅrim an-Naแบar fi Kutub al Kalam hlm 59
[7] Fadhlu Ilmi Salaf ala Khalaf hlm. 33
[8] NIhayatul Mubtadiin fi Ushuluddin hlm. 33
[9] Al Aqawil ats Tsiqat fi at Takwil al Asma wa ash Shifat hlm 117
[10] Al Aqawil ats Tsiqat fi at Takwil al Asma wa ash Shifat hlm 65
[11] Lawami’ al Anwar Bahiyah (1/219)
[12] Najatul Khalaf fi I’tiqadul Salaf hlm. 14
[13] Al Ibanah al Kubra hlm 123
Sumber FB Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq
