TOLERANSI SYAIKH IBNU TAIMIYYAH YANG DITINGGALKAN OLEH PARA PENGIKUTNYA
Abdul Wahid Al-Faizin
Terlepas dari beberapa pemikiran Syaikh Ibnu Taimiyah yang terkadang juga keras dan beberapa pendapat beliau yang kontroversial, namun ada beberapa sikap toleransi yang ditujukan Syaikh Ibnu Taimiyah dalam beberapa kitab dan fatwanya. Namun sayangnya sikap toleransi ini tidak diikuti oleh kebanyakan pengikutnya terutama yang ada di Indonesia. Di antaranya adalah
Pertama, masalah Qunut. Ketika ditanya terkait Qunut Subuh dan Witir, Syaikh Ibnu Taimiyyah menjelaskan beberapa perbedaan pendapat ulama' di dalamnya. Namun di akhir beliau tutup dengan berkata
وَالْجَمِيعُ جَائِزٌ. فَمَنْ فَعَلَ شَيْئًا مِنْ ذَلِكَ فَلَا لَوْمَ عَلَيْهِ وَاَللَّهُ أَعْلَمُ.
"Semua pendapat boleh diambil dan barang siapa melakukan salah satu pendapat tersebut tidak boleh dicaci"
Dalam kesempatan lainnya beliau juga menjelaskan bahwa Makmum harus mengikuti Imam dalam masalah yang ijtihadiyyah. Sehingga ketika Imam qunut, maka makmum dianjurkan ikut qunut. Jika tidak qunut, maka tidak perlu qunut sendiri.
وَلِهَذَا يَنْبَغِي لِلْمَأْمُومِ أَنْ يَتْبَعَ إمَامَهُ فِيمَا يَسُوغُ فِيهِ الِاجْتِهَادُ فَإِذَا قَنَتَ قَنَتَ مَعَهُ وَإِنْ تَرَكَ الْقُنُوتَ لَمْ يَقْنُتْ فَإِنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: {إنَّمَا جُعِلَ الْإِمَامُ لِيُؤْتَمَّ بِهِ} وَقَالَ: {لَا تَخْتَلِفُوا عَلَى أَئِمَّتِكُمْ} - مجموع الفتاوى
Kedua, peringatan Maulid Nabi. Meskipun beliau menganggap maulid adalah bid'ah tapi beliau mengatakan bahwa jika dilakukan oleh sebagian manusia dg niat baik mengagungkan Rasulullah, maka dia akan mendapatkan pahala.
فتعظيم المولد، واتخاذه موسمًا، قد يفعله بعض الناس، ويكون له فيه (1) أجر عظيم لحسن قصده، وتعظيمه لرسول الله صلى الله عليه وسلم، كما قدمته لك أنه يحسن من بعض الناس، ما يستقبح من المؤمن المسدد. - اقتضاء الصراط المستقيم
Ketiga, sikap pada Asy'ariyyah. Dalam مجموع الفتاوى bahkan ada satu bab berjudul
تعزير من لعن أحدا من المسلمين أو الأشعرية
"Menghukum orang yang melaknat salah seorang dari kalangan Muslimin dan Ulama' Asy'ariyyah"
Di antara beberapa ungkapan beliau terkait Asy'ariyyah adalah sebagai berikut
وَأَمَّا لَعْنُ الْعُلَمَاءِ لِأَئِمَّةِ الْأَشْعَرِيَّةِ فَمَنْ لَعَنَهُمْ عُزِّرَ. وَعَادَتْ اللَّعْنَةُ عَلَيْهِ فَمَنْ لَعَنَ مَنْ لَيْسَ أَهْلًا لِلَّعْنَةِ وَقَعَتْ اللَّعْنَةُ عَلَيْهِ. وَالْعُلَمَاءُ أَنْصَارُ فُرُوعِ الدِّينِ وَالْأَشْعَرِيَّةُ أَنْصَارُ أُصُولِ الدِّينِ.
الأشعرية فيما يثبتون فرع على الحنابلة، ومتكلموا الحنابلة فرع على قياس الأشعرية - مجموع الفتاوى
Keempat, sikap Tasawwuf dan Shufi.
Di مجموع الفتاوى bahkan ada satu bab berjudul كتاب التصوف. Setelah menjelaskan terkait istilah tasawuf dan menjelaskan dua pendapat ekstrim terkait tasawwuf dan Ulama' Shufi (satu menbid'ahkan yang satu mengkultuskan), Syaikh Ibnu Taimiyyah berlaku inshaf dengan berkata orang-orang tasawwuf adalah orang yang bersungguh-sungguh dalam taat kepada Allah. Meskipun kata beliah terkadang dari kalangan Shufi ada yang keliru.
و " الصواب " أنهم مجتهدون في طاعة الله كما اجتهد غيرهم من أهل طاعة الله ففيهم السابق المقرب بحسب اجتهاده وفيهم المقتصد الذي هو من أهل اليمين وفي كل من الصنفين من قد يجتهد فيخطئ وفيهم من يذنب فيتوب أو لا يتوب . ومن المنتسبين إليهم من هو ظالم لنفسه عاص لربه .
Bahkan di kesempatan yang lain beliau bercerita pernah berkhalwat selama sepuluh tahun smpai beliau memiliki keyakinan bahwa para ulama' shufi adalah orang istimewa dalam menempuh jalan menuju Ridha Allah. Kata Syaikh Ibnu Taimiyah jalan mereka adalah jalan terbaik dan akhlak mereka adalah yang paling mulia.
وَذَكَرَ أَنَّهُ تَخَلَّى عَشْرَ سِنِينَ. إلَى أَنْ قَالَ: انْكَشَفَ لِي فِي أَثْنَاءِ هَذِهِ الْخَلَوَاتِ أُمُورٌ لَا يُمْكِنُ إحْصَاؤُهَا وَاسْتِقْصَاؤُهَا وَالْقَدْرُ الَّذِي أَذْكُرُهُ لِيُنْتَفَعَ بِهِ. أَنِّي عَلِمْت يَقِينًا أَنَّ الصُّوفِيَّةَ هُمْ السَّالِكُونَ لِطَرِيقِ اللَّهِ خَاصَّةً وَأَنَّ سِيرَتَهُمْ أَحْسَنُ السِّيَرِ؛ وَطَرِيقَتَهُمْ أَصْوَبُ الطُّرُقِ؛ وَأَخْلَاقُهُمْ أَزْكَى الْأَخْلَاقِ؛ بَلْ لَوْ جُمِعَ عَقْلُ الْعُقَلَاءِ وَحِكْمَةُ الْحُكَمَاءِ وَعِلْمُ الْوَاقِفِينَ عَلَى أَسْرَارِ الشَّرْعِ مِنْ الْعُلَمَاءِ؛ لِيُغَيِّرُوا شَيْئًا مِنْ سِيَرِهِمْ وَأَخْلَاقِهِمْ؛ وَيُبَدِّلُوهُ بِمَا هُوَ خَيْرٌ مِنْهُ: لَمْ يَجِدُوا إلَيْهِ سَبِيلًا. - مجموع الفتاوى
Andaikan para pengikut beliau terutama di Indonesia memiliki sikap toleransi seperti ini. Karena bagaimanapun perbedaan ulama' tidak akan bisa disatukan. Jadi sikap saling menghormati adalah sikap yang paling bijaksana.
Sumber FB Ustadz : Abdul Wahid Alfaizin