
::::: Ini Bid’ahnya Ibnu Taimiyyah, Bukan? :::::
Baca Al-Qur’an itu sunnah, tapi jika dikhususkan cara tertentu, bilangan tertentu, tempat dan waktu yang tak pernah Nabi lakukan itu [katanya] bid’ah idhafiyyah.
Baca shalawat itu sunnah, tapi jika dikhususkan cara tertentu, bilangan tertentu, tempat dan waktu yang tak pernah Nabi lakukan itu [katanya] bid’ah idhafiyyah. [Katanya] bid’ah dibagi dua; hakikiyyah dan idhafiyyah.
::: Bid’ah Idhafiyyah; Bid’ah tapi Sunnah, Sunnah tapi Bid’ah :::
Disinilah letak perbedaannya. Jangan heran sampai kapanpun akan banyak sekali amalan yang dianggap bid’ah, meskipun ada dalilnya. Misalnya kegiatan baca Al-Qur’an One Day One Juz, baca shalawat munjiyat, baca al-Fatihah mengawali ngaji dll.
Bid’ah model ini mempunyai dua sisi. Pertama, terdapat dalil yang melandasi meski secara umum. Kedua, dianggap bid’ah karena tidak pernah dianjurkan atau dilakukan Nabi dari sisi dikhususkan cara tertentu, bilangan tertentu, tempat dan waktu tertentu.
Nah, kita coba jawab beberapa kegiatan yang dilakukan oleh Imam Ibnu Taimiyyah. Kira-kira bid’ah atu bukan ya? Jawab saja:
A. Bid’ah
B. Tidak Bid’ah
C. Bisa Jadi
D. Semua Jawaban Salah
E. Semua Jawaban Benar.
Kita mulai satu-satu ya.
1. Ibnu Taimiyyah: Membuat Tulisan (Jimat?) Lalu Ditempel di Kening Ketika Mimisan
Diceritakan oleh Ibnu Qayyim al-Jauziyyah, bahwa Ibnu Taimiyyah menulis suatu ayat Al-Qur’an, lalu ditempelkan ke kening dan penyakit bisa sembuh.
كتاب للرعاف: كان شيخ الإسلام ابن تيمية رحمه الله يكتب على جبهته: {وَقِيلَ يَاأَرْضُ ابْلَعِي مَاءَكِ وَيَاسَمَاءُ أَقْلِعِي وَغِيضَ الْمَاءُ وَقُضِيَ الْأَمْرُ} [هود: 44]، وسمعته يقول: كتبتها لغير واحد فبرأ
Kitab tentang mimisan (r’uaf): Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah رحمه الله ketika mimisan, menuliskan di keningnya ayat: "Dan dikatakan: Wahai bumi telanlah airmu, wahai langit berhentilah, lalu air pun surut dan perkara pun selesai." (QS. Hūd: 44)
Beliau berkata, “Aku telah menuliskannya untuk lebih dari satu orang, dan mereka pun sembuh.” (Ibnu Qayyim al-Jauziyyah (w. 751 H), at-Thibb an-Nabawi, hal. 271).
Tulis jawaban A, B, C, D atau E ya!
2. Ibnu Taimiyyah: Wiridan Tertentu Dibaca 40 Kali
Ibnu Taimiyyah membiasakan diri membaca 40 kali sehari antara qabliyyah subuh dan shalat subuh dzikir: ”ya hayyu ya qayyum la ilaha illa anta, birahmatika astaghits”. Sebagaimana diceritakan Ibnu Qayyim:
وَمِنْ تَجْرِيبَاتِ السَّالِكِينَ الَّتِي جَرَّبُوهَا فَأَلْفَوْهَا صَحِيحَةً أَنَّ مَنْ أَدْمَنَ يَا حَيُّ يَا قَيُّومُ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ أَوْرَثَهُ ذَلِكَ حَيَاةَ الْقَلْبِ وَالْعَقْلِ. وَكَانَ شَيْخُ الْإِسْلَامِ ابْنُ تَيْمِيَّةَ قَدَّسَ اللَّهُ رُوحَهُ شَدِيدَ اللَّهْجِ بِهَا جِدًّا، وَقَالَ لِي يَوْمًا: لِهَذَيْنِ الِاسْمَيْنِ وَهُمَا الْحَيُّ الْقَيُّومُ تَأْثِيرٌ عَظِيمٌ فِي حَيَاةِ الْقَلْبِ، وَكَانَ يُشِيرُ إِلَى أَنَّهُمَا الِاسْمُ الْأَعْظَمُ، وَسَمِعْتُهُ يَقُولُ: مَنْ وَاظَبَ عَلَى أَرْبَعِينَ مَرَّةً كُلَّ يَوْمٍ بَيْنَ سُنَّةِ الْفَجْرِ وَصَلَاةِ الْفَجْرِ يَا حَيُّ يَا قَيُّومُ، لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ، بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيثُ حَصَلَتْ لَهُ حَيَاةُ الْقَلْبِ، وَلَمْ يَمُتْ قَلْبُهُ.
Dari pengalaman para salik (penempuh jalan Allah), mereka mendapati bahwa siapa yang membiasakan membaca “Ya Hayyu Ya Qayyum, La ilaha illa Anta”, maka itu akan mewariskan kehidupan hati dan akal. Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah sangat sering mengucapkannya dan berkata: “Dua nama ini — Al-Hayy dan Al-Qayyum — memiliki pengaruh besar dalam menghidupkan hati. Bahkan aku berpendapat keduanya termasuk Al-Ism al-A’dzam (nama Allah yang paling agung).” Beliau juga berkata: “Barangsiapa yang membacanya 40 kali setiap hari antara sunnah dan salat Subuh, maka ia akan mendapatkan kehidupan hati dan hatinya tidak akan mati.” (Ibnu Qayyim al-Jauziyyah (w. 751 H), Madarij as-Salikin, juz 1, hal. 446).
Nah, ini bid’ah idhafiyyah atau sunnah?
3. Membuat Dzikir Baru Setelah Shalat Shubuh Sampai Terbit Matahari
Beliau juga punya dzikir setelah shalat shubuh sampai terbit matahari, beliau suka sekali membaca Surat al-Fatihah, diulang-ulang bacanya, tiap hari. Sebagaimana cerita dari Sirajuddin Abu Hafsh Umar bin Ali (w. 749 H):
وَكنت اسْمَع مَا يَتْلُو وَمَا يذكر حِينَئِذٍ فرأيته يقْرَأ الْفَاتِحَة ويكررها وَيقطع ذَلِك الْوَقْت كُله اعني من الْفجْر الى ارْتِفَاع الشَّمْس فِي تَكْرِير تلاوتها
Aku mendengar bacaan dan zikir beliau pada waktu itu (antara Subuh hingga matahari terbit). Aku melihat beliau membaca Al-Fatihah berulang-ulang, dan beliau menghabiskan seluruh waktu itu dalam mengulang-ulang bacaan surat Al-Fatihah. (Sirajuddin Abu Hafsh Umar bin Ali (w. 749 H), Al-Al'am al-Aliyyah fi Manaqib Ibn Taimiyyah, hal. 38)
4. Membuat-buat Ayat Sakinah
Beliau juga menyusun AYAT SAKINAH. Ayat Sakinah ini gabungan dari beberapa ayat yang berisi tentang sakinah, dikumpulkan, dibaca dan menjadikan hati tenang. Kata Ibnu Qayyim:
وَسَمِعْتُهُ يَقُولُ فِي وَاقِعَةٍ عَظِيمَةٍ جَرَتْ لَهُ فِي مَرَضِهِ، تَعْجِزُ الْعُقُولُ عَنْ حَمْلِهَا - مِنْ مُحَارَبَةِ أَرْوَاحٍ شَيْطَانِيَّةٍ، ظَهَرَتْ لَهُ إِذْ ذَاكَ فِي حَالِ ضَعْفِ الْقُوَّةِ - قَالَ: فَلَمَّا اشْتَدَّ عَلَيَّ الْأَمْرُ، قُلْتُ لِأَقَارِبِي وَمَنْ حَوْلِيَ: اقْرَءُوا آيَاتِ السَّكِينَةِ، قَالَ: ثُمَّ أَقْلَعَ عَنِّي ذَلِكَ الْحَالُ، وَجَلَسْتُ وَمَا بِي قَلْبَةٌ.
وَقَدْ جَرَّبْتُ أَنَا أَيْضًا قِرَاءَةَ هَذِهِ الْآيَاتِ عِنْدَ اضْطِرَابِ الْقَلْبِ بِمَا يَرِدُ عَلَيْهِ. فَرَأَيْتُ لَهَا تَأْثِيرًا عَظِيمًا فِي سُكُونِهِ وَطُمَأْنِينَتِهِ.
Aku mendengar beliau berkata tentang kejadian besar yang menimpanya saat sakit, ketika diganggu oleh kekuatan ruh jahat (syaitan), hingga beliau sangat lemah.
Beliau berkata: “Ketika keadaan semakin berat, aku berkata kepada keluargaku: ‘Bacalah Ayat-as-Sakinah!’ Maka gangguan itu pun hilang dariku, dan aku duduk dalam keadaan tenang tanpa gangguan lagi.” Aku pun mencobanya sendiri — membaca ayat-ayat sakinah ketika hati gelisah — dan aku merasakan pengaruh yang luar biasa dalam menenangkan hati. (Ibnu Qayyim al-Jauziyyah (w. 751 H), Madarij as-Salikin, juz 2, hal. 471).
Nah, bid’ah idhafiyyah ga ya?
5. Membaca Istighfar 1.000 Kali Jika Sulit Memahami Sesuatu
Beliau juga punya cara jika menemukan kesulitan dalam memahami sesuatu, beliau baca istighfar seribu kali agar diberi kemudahan. Entah darimana angka seribu itu ada. Ini diceritakan oleh murid beliau Ibnu Abdil Hadi (w. 744 H):
وَلَقَد سمعته فِي مبادىء أمره يَقُول: إِنَّه ليقف خاطري فِي الْمَسْأَلَة وَالشَّيْء أَو الْحَالة الَّتِي تشكل علي، فأستغفر الله تَعَالَى ألف مرّة أو أكثر أَو أقل حَتَّى ينشرح الصَّدْر وينحل إِشْكَال مَا أشكل
Aku mendengar beliau di masa awalnya berkata: “Ketika pikiranku terhenti pada suatu persoalan yang sulit kupahami, aku beristighfar kepada Allah seribu kali — kadang lebih, kadang kurang — hingga dadaku lapang dan kesulitanku terpecahkan.” (Syamsuddin Ibnu Abdil Hadi (w. 744 H), Al-Uqud ad-Durriyyah fi Manaqib Syaikhil Islam Ibni Taimiyyah, hal. 42).
Itu dulu saja ya. Kalo antum belum bisa menjawab, coba tanyakan ke ustadz antum jika ustadz antum termasuk ikut ulama yang membagi bid’ah menjadi hakikiyyah dan idhafiyyah. Kasih kabar ke Saya, apa jawaban atau respon ustadznya ya!