๐๐จ๐๐จ๐ ๐ ๐๐ก๐๐จ๐๐๐ฃ๐๐๐ก ๐ฆ๐๐๐๐ ๐๐ง ๐ก๐๐ง๐๐ ๐ฏ๐ฎ๐ด๐ถ๐ฎ๐ป ๐
Ustadz, sebenarnya bagaimanakah hukum mengucapkan selamat natal kepada teman/tetangga yang Nasrani ?
๐๐ข๐ธ๐ข๐ฃ๐ข๐ฏ
Oleh Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq
Permasalahan di saat hari raya agama lain, termasuk hari Natal sebenarnya secara umum terbagi menjadi dua : 1. Hukum turut serta merayakan 2. Hukum sekedar memberikan ucapan selamat (Tahniah).
Untuk permasalahan pertama, yaitu hukum turut serta merayakan syiar dan hari raya agama lain telah disepakati keharamannya oleh para ulama tanpa adanya perbedaan pendapat. Karena ini termasuk bentuk Tasyabbuh dan loyal terhadap kekafiran.[1]
Adapun tentang bertahniah, yakni mengucapkan selamat kepada agama lain yang sedang berhari raya, ulama berbeda pendapat. Mayoritas ulama 4 mazhab melarang, sedangkan sebagian ulama kontemporer membolehkan.
๐ญ. ๐๐ฎ๐น๐ฎ๐ป๐ด๐ฎ๐ป ๐ฌ๐ฎ๐ป๐ด ๐ ๐ฒ๐น๐ฎ๐ฟ๐ฎ๐ป๐ด.
Mayoritas ulama empat mazhab mengharamkan mengucapkan selamat atau bertahniah kepada orang kafir yang sedang berhari raya, berikut sebagian penjelasan masing-masing mazhab :
๐ ๐ฎ๐๐ต๐ฎ๐ฏ ๐๐ฎ๐ป๐ฎ๐ณ๐ถ๐๐๐ฎ๐ต
Ibnu Najim dalam Al-Bahr Al-Raiq Syarah Kanz Al-Daqaiq, (8/555) :
ูุงู ุฃุจู ุญูุต ุงููุจูุฑ ุฑุญู ู ุงููู : ูู ุฃู ุฑุฌูุง ุนุจุฏ ุงููู ุชุนุงูู ุฎู ุณูู ุณูุฉ ุซู ุฌุงุก ููู ุงูููุฑูุฒ ูุฃูุฏู ุฅูู ุจุนุถ ุงูู ุดุฑููู ุจูุถุฉ ูุฑูุฏ ุชุนุธูู ุฐูู ุงูููู ููุฏ ููุฑ ูุญุจุท ุนู ูู ููุงู ุตุงุญุจ ุงูุฌุงู ุน ุงูุฃุตุบุฑ ุฅุฐุง ุฃูุฏู ููู ุงูููุฑูุฒ ุฅูู ู ุณูู ุขุฎุฑ ููู ูุฑุฏ ุจู ุชุนุธูู ุงูููู ูููู ุนูู ู ุง ุงุนุชุงุฏู ุจุนุถ ุงููุงุณ ูุง ูููุฑ ูููู ููุจุบู ูู ุฃู ูุง ููุนู ุฐูู ูู ุฐูู ุงูููู ุฎุงุตุฉ ูููุนูู ูุจูู ุฃู ุจุนุฏู ููู ูุง ูููู ุชุดุจููุง ุจุฃููุฆู ุงูููู , ููุฏ ูุงู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู { ู ู ุชุดุจู ุจููู ููู ู ููู } ููุงู ูู ุงูุฌุงู ุน ุงูุฃุตุบุฑ ุฑุฌู ุงุดุชุฑู ููู ุงูููุฑูุฒ ุดูุฆุง ูุดุชุฑูู ุงูููุฑุฉ ู ูู ููู ูู ููู ูุดุชุฑูู ูุจู ุฐูู ุฅู ุฃุฑุงุฏ ุจู ุชุนุธูู ุฐูู ุงูููู ูู ุง ุชุนุธู ู ุงูู ุดุฑููู ููุฑ , ูุฅู ุฃุฑุงุฏ ุงูุฃูู ูุงูุดุฑุจ ูุงูุชูุนู ูุง ูููุฑ
Hafs Al-Kabir berkata: Apabila seorang muslim yang menyembah Allah selama 50 tahun lalu datang pada Hari Niruz (tahun baru kaum Parsi dan Kurdi pra Islam - red) dan memberi hadiah telur pada sebagian orang musyrik dengan tujuan untuk mengagungkan hari itu, maka dia kafir dan terhapus amalnya. Berkata penulis kitab Al-Jamik Al-Asghar:
Apabila memberi hadiah kepada sesama muslim dan tidak bermaksud mengagungkan hari itu tetapi karena menjadi tradisi sebagian manusia maka tidak kafir akan tetapi sebaiknya tidak melakukan itu pada hari itu secara khusus dan melakukannya sebelum atau setelahnya supaya tidak menyerupai dengan kaum tersebut.
Nabi ๏ทบ bersabda: "Barangsiapa menyerupai suatu kaum maka ia bagian dari mereka." Penulis kitab al Jami' ash Shagir berkata: Seorang lelaki yang membeli sesuatu yang dibeli orang kafir pada hari Niruz dia tidak membelinya sebelum itu maka apabila ia melakukan itu ingin mengagungkan hari itu sebagaimana orang kafir maka ia kafir. Apabila berniat untuk makan minum dan bersenang-senang saja tidak kafir."
๐ ๐ฎ๐ฑ๐๐ฎ๐ฏ ๐ ๐ฎ๐น๐ถ๐ธ๐ถ๐๐๐ฎ๐ต.
Ibnul Haj Al-Maliki dalam Al-Madkhal, (2/46-48) menyatakan:
ูู ู ู ุฎุชุตุฑ ุงููุงุถุญุฉ ุณุฆู ุงุจู ุงููุงุณู ุนู ุงูุฑููุจ ูู ุงูุณูู ุงูุชู ูุฑูุจ ูููุง ุงููุตุงุฑู ูุฃุนูุงุฏูู ููุฑู ุฐูู ู ุฎุงูุฉ ูุฒูู ุงูุณุฎุท ุนูููู ูููุฑูู ุงูุฐู ุงุฌุชู ุนูุง ูู . ูุงู ููุฑู ุงุจู ุงููุงุณู ููู ุณูู ุฃู ููุฏู ุฅูู ุงููุตุฑุงูู ูู ุนูุฏู ู ูุงูุฃุฉ ูู . ูุฑุขู ู ู ุชุนุธูู ุนูุฏู ูุนููุง ูู ุนูู ู ุตูุญุฉ ููุฑู . ุฃูุง ุชุฑู ุฃูู ูุง ูุญู ููู ุณูู ูู ุฃู ูุจูุนูุง ูููุตุงุฑู ุดูุฆุง ู ู ู ุตูุญุฉ ุนูุฏูู ูุง ูุญู ุง ููุง ุฅุฏุงู ุง ููุง ุซูุจุง ููุง ูุนุงุฑูู ุฏุงุจุฉ ููุง ูุนุงููู ุนูู ุดูุก ู ู ุฏูููู ; ูุฃู ุฐูู ู ู ุงูุชุนุธูู ูุดุฑููู ูุนูููู ุนูู ููุฑูู ูููุจุบู ููุณูุงุทูู ุฃู ููููุง ุงูู ุณูู ูู ุนู ุฐูู , ููู ููู ู ุงูู ูุบูุฑู ูู ุฃุนูู ุฃุญุฏุง ุงุฎุชูู ูู ุฐูู
"Ibnu Qasim ditanya soal menaiki perahu yang dinaiki kaum Nasrani pada hari raya mereka. Ibnu Qasim tidak menyukai (memakruhkan) hal itu karena takut turunnya kebencian pada mereka karena mereka berkumpul karena kekufuran mereka. Ibnu Qasim juga tidak menyukai seorang muslim memberi hadiah pada Nasrani pada hari rayanya sebagai hadiah. Ia melihat hal itu termasuk mengagungkan hari rayanya dan menolong kemaslahatan kufurnya.
Tidakkah engkau tahu bahwa tidak halal bagi muslim membelikan sesuatu untuk kaum Nasrani untuk kemaslahatan hari raya mereka baik berupa daging, baju; tidak meminjamkan kendaraan dan tidak menolong apapun dari agama mereka karena hal itu termasuk mengagungkan kesyirikan mereka dan menolong kekafiran mereka. Dan hendaknya penguasa melarang umat Islam melakukan hal itu. Ini pendapat Malik dan lainnya. Saya tidak tahu pendapat yang berbeda."
๐ ๐ฎ๐๐ต๐ฎ๐ฏ ๐ฆ๐๐ฎ๐ณ๐ถ’๐ถ๐๐๐ฎ๐ต.
Ibnu Hajar Al-Haitami dalam Al-Fatawa Al-Fiqhiyah (4/238-239), menyatakan:
ุซู ุฑุฃูุช ุจุนุถ ุฃุฆู ุชูุง ุงูู ุชุฃุฎุฑูู ุฐูุฑ ู ุง ููุงูู ู ุง ุฐูุฑุชู ููุงู : ูู ู ุฃูุจุญ ุงูุจุฏุน ู ูุงููุฉ ุงูู ุณูู ูู ุงููุตุงุฑู ูู ุฃุนูุงุฏูู ุจุงูุชุดุจู ุจุฃูููู ูุงููุฏูุฉ ููู ููุจูู ูุฏูุชูู ููู ูุฃูุซุฑ ุงููุงุณ ุงุนุชูุงุก ุจุฐูู ุงูู ุตุฑููู ููุฏ ูุงู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู { ู ู ุชุดุจู ุจููู ููู ู ููู } ุจู ูุงู ุงุจู ุงูุญุงุฌ ูุง ูุญู ูู ุณูู ุฃู ูุจูุน ูุตุฑุงููุง ุดูุฆุง ู ู ู ุตูุญุฉ ุนูุฏู ูุง ูุญู ุง ููุง ุฃุฏู ุง ููุง ุซูุจุง ููุง ูุนุงุฑูู ุดูุฆุง ููู ุฏุงุจุฉ ุฅุฐ ูู ู ุนุงููุฉ ููู ุนูู ููุฑูู ูุนูู ููุงุฉ ุงูุฃู ุฑ ู ูุน ุงูู ุณูู ูู ู ู ุฐูู ูู ููุง ุงูุชู ุงู ูู ูู ุงูููุฑูุฒ... ููุฌุจ ู ูุนูู ู ู ุงูุชุธุงูุฑ ุจุฃุนูุงุฏูู
“Aku melihat sebagian ulama muta'akhirin menuturkan pendapat yang sama denganku, lalu ia berkata: Termasuk dari bid'ah terburuk adalah persetujuan muslim pada Nasrani pada hari raya mereka dengan menyerupai dengan makanan dan hadiah dan menerima hadiah pada hari itu. Kebanyakan orang yang melakukan itu adalah kalangan orang Mesir.
Nabi ๏ทบ bersabda "Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum maka ia bagian dari mereka". Ibnu al Haj berkata: Tidak halal bagi muslim menjual sesuatu pada orang Nasrani untuk kemasalahan hari rayanya baik berupa daging, kulit atau baju.
Hendaknya tidak meminjamkan sesuatu walupun berupa kendaraan karena itu menolong kekufuran mereka. Dan bagi pemerintah hendaknya mencegah umat Islam atas hal itu. Salah satunya adalah perayaan Niruz (Hari Baru)... dan wajib melarang umat Islam menampakkan diri pada hari raya non-muslim.
Damiri dalam al Najm al Wahhaj fi Syarh al Minhaj, (9/244), dan Khatib Syarbini dalam Mughnil Muhtaj ila Makrifati Ma'ani Alfadzil Minhaj, ( 4/191) menyatakan:
ุชุชู ุฉ : ُูุนุฒّุฑ ู ู ูุงูู ุงูููุงุฑ ูู ุฃุนูุงุฏูู ، ูู ู ูู ุณู ุงูุญูุฉ ، ูู ู ูุฏุฎู ุงููุงุฑ ، ูู ู ูุงู ูุฐู ู : ูุง ุญุงุฌ ، ูู َْูู َّููููุฃู ุจِูุนِูููุฏٍ ، ูู ู ุณู ู ุฒุงุฆุฑ ูุจูุฑ ุงูุตุงูุญูู ุญุงุฌุงً ، ูุงูุณุงุนู ุจุงููู ูู ุฉ ููุซุฑุฉ ุฅูุณุงุฏูุง ุจูู ุงููุงุณ ، ูุงู ูุญูู ุจู ุฃุจู ูุซูุฑ : ููุณุฏ ุงููู ุงู ูู ุณุงุนุฉ ู ุง ูุง ููุณุฏู ุงูุณุงุญุฑ ูู ุณูุฉ
Dihukum orang yang sepakat dengan orang kafir pada hari raya mereka, orang yang memegang ular, yang masuk api, orang yang berkata pada kafir dzimmi "Hai Haji", orang yang mengucapkan selamat pada hari raya (agama lain).
Demikian juga orang yang menyebut peziarah kubur orang saleh dengan sebutan haji, dan pelaku adu domba karena banyaknya menimbulkan kerusakan antara manusia. Berkata Yahya bin Abu Katsir: Pengadu domba dalam satu jam dapat membuat kerusakan yang baru bisa dilakukan tukang sihir dalam setahun.
๐ ๐ฎ๐๐ต๐ฎ๐ฏ ๐๐ฎ๐ป๐ฎ๐ฏ๐ถ๐น๐ฎ๐ต
Al imam Buhuti dalam Kasyful Qina' (3/131) menyatakan:
ููุญุฑู ุชููุฆุชูู ูุชุนุฒูุชูู ูุนูุงุฏุชูู ; ูุฃูู ุชุนุธูู ููู ุฃุดุจู ุงูุณูุงู .( ูุนูู ุชุฌูุฒ ุงูุนูุงุฏุฉ ) ุฃู : ุนูุงุฏุฉ ุงูุฐู ู ( ุฅู ุฑุฌู ุฅุณูุงู ู ููุนุฑุถู ุนููู ูุงุฎุชุงุฑู ุงูุดูุฎ ูุบูุฑู ) ูู ุง ุฑูู ุฃูุณ ุฃู ุงููุจู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ุนุงุฏ ูููุฏูุง , ูุนุฑุถ ุนููู ุงูุฅุณูุงู ูุฃุณูู ูุฎุฑุฌ ููู ูููู : ุงูุญู ุฏ ููู ุงูุฐู ุฃููุฐู ุจู ู ู ุงููุงุฑ ุฑูุงู ุงูุจุฎุงุฑู ููุฃูู ู ู ู ูุงุฑู ุงูุฃุฎูุงู .( ููุงู ) ุงูุดูุฎ ( ููุญุฑู ุดููุฏ ุนูุฏ ุงููููุฏ ูุงููุตุงุฑู ) ูุบูุฑูู ู ู ุงูููุงุฑ ( ูุจูุนู ููู ููู ) . ููู ุงูู ูุชูู : ูุง ุจูุนูุง ููู ููู ( ูู ูุงุฏุงุชูู ูุนูุฏูู ) ูู ุง ูู ุฐูู ู ู ุชุนุธูู ูู ููุดุจู ุจุฏุงุกุชูู ุจุงูุณูุงู .
“Haram mengucapkan selamat, takziyah (ziarah orang mati), iyadah (ziarah orang sakit) kepada non-muslim karena itu berarti mengagungkan mereka menyerupai (mengucapkan) salam. Boleh menjenguk kafir dzimmi apabila diharapkan Islamnya dan hendaknya mengajak masuk Islam.
Karena, dalam sebuah hadits riwayat Bukhari, Nabi ๏ทบ pernah menjenguk orang Yahudi dan mengajaknya masuk Islam lalu si Yahudi masuk Islam lalu berkata, "Alhamdulillah Allah telah menyelamatkan aku dari neraka." Dan karena iyadah termasuk akhak mulia.
Haram menghadiri perayaan Yahudi dan Nasrani dan kafir lain dan membeli untuk mereka pada hari itu. Dalam kitab al Muntaha dikatakan: Tidak ada jual beli kita pada mereka pada hari itu dan memberi hadiah mereka karena hari raya mereka karna hal itu termasuk mengagungkan mereka sehingga hal ini menyerupai memulai ucapan salam.
Di masa sekarang, pendapat ini juga diketahui sebagai pendapat resmi Lajnah Daimah (lembaga Fatwa Arab Saudi), fatwa MUI dan beberapa ulama kontemporer lainnya.
๐Bersambung…
___________
[1] Al Mausu’ah al Fiqhiyyah al Kuwaitiyyah ( 7/128-130)
๐๐จ๐๐จ๐ ๐ ๐๐ก๐๐จ๐๐๐ฃ๐๐๐ก ๐ฆ๐๐๐๐ ๐๐ง ๐ก๐๐ง๐๐ (๐ฎ)
Oleh Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq
๐. ๐๐ฎ๐น๐ฎ๐ป๐ด๐ฎ๐ป ๐๐ฎ๐ป๐ด ๐บ๐ฒ๐บ๐ฏ๐ผ๐น๐ฒ๐ต๐ธ๐ฎ๐ป
Ulama kontemporer dan lembaga fatwa dunia hari ini umumnya membolehkan mengucapkan selamat pada perayaan umat non Muslim termasuk Natal. Sebut seperti syaikh Dr. Yusuf Al-Qaradawi, syaikh Ali Jum’ah ,syaikh Wahbah Zuhayli , Habib Umar bin Hafidz, syaikh Mustafa Ahmad Zarqa, syaikh Abdullah bin Bayyah, syaikh Syaraf Qudhat , Dr. Abdul Latif Al-Banna, Majelis Ulama Mesir, Majelis Ulama Eropa dan lainnya.
Syaikh Wahbah Zuhaili berkata :
ูุง ู ุงูุน ู ู ู ุฌุงู ูุฉ ุงููุตุงุฑู ูู ุฑุฃู ุจุนุถ ุงููููุงุก ูู ู ูุงุณุจุงุชูู ุนูู ุฃูุง ูููู ู ู ุงูุนุจุงุฑุงุช ู ุง ูุฏู ุนูู ุฅูุฑุงุฑูู ุนูู ู ุนุชูุฏุงุชูู .
“Tidak ada halangan dalam bersopan santun (mujamalah) dengan orang Nasrani menurut pendapat sebagian ahli fiqh berkenaan hari raya mereka asalkan tidak bermaksud sebagai pengakuan atas (kebenaran) ideologi mereka.”[1]
Syaikh Dr. Musthafa Zarqa berkata :
ุฅّู ุชููุฆุฉَ ุงูุดّุฎุต ุงูู ُุณِูู ูู ุนุงุฑِูู ุงّููุตุงุฑَู ุจุนูุฏِ ู ููุงุฏ ุงูู َุณูุญ ู ุนููู ุงูุตّูุงุฉ ูุงูุณูุงู ู ูู ูู ูุธุฑู ู ู َูุจูู ุงูู ُุฌุงู ูุฉ ููู ูุงูู ุญุงุณَูุฉ ูู ู ุนุงุดุฑุชูู . ูุฅู ุงูุฅุณูุงู ูุง ูููุงูุง ุนู ู ุซู ูุฐู ุงูู ุฌุงู ูุฉ ุฃู ุงูู ุญุงุณَูุฉ ููู ، ููุง ุณّูู ุง ุฃّู ุงูุณูุฏ ุงูู َุณูุญ ูู ูู ุนููุฏุชูุง ุงูุฅุณูุงู ّูุฉ ู ู ุฑุณู ุงููู ุงูุนِุธุงู ุฃููู ุงูุนุฒู ، ููู ู ُุนุธَّู ุนูุฏูุง ุฃูุถًุง، ููููู ُูุบุงُููู ููู ููุนุชูุฏَููู ุฅًููุง، ุชุนุงูู ุงููู ุนู ุง ูููููู ุนًُُّููุง ูุจูุฑًุง.
“Ucapan selamat natal seorang muslim pada temannya yang Nasrani menurut pendapat saya termasuk dalam kategori mujamalah (sopan santun) pada mereka dan muhasanah (berbaikan) dalam pergaulan. Islam tidak melarang kita untuk bermujamalah dan muhasanah dengan mereka.
Apalagi Nabi Isa dalam akidah Islam termasuk Rasul Allah yang agung dan ulul azmi. Nabi Isa diagungkan juga dalam Islam. Hanya saja mereka, Nasrani, berlebihan pada Nabi Islam dan menganggapnya tuhan. Maha Luhur Allah dari apa perkataan mereka yang melampaui batas.”[2]
๐๐ฎ๐๐๐ฎ ๐๐ฎ๐ฟ๐๐น ๐๐ณ๐๐ฎ ๐ ๐ถ๐๐ต๐ฟ๐ถ๐๐ฎ๐ต :
ุฅู ูุฐุง ุงููุนู ููุฏุฑุฌ ุชุญุช ุจุงุจ ุงูุฅุญุณุงู ุงูุฐู ุฃู ุฑูุง ุงููู ุนุฒ ูุฌู ุจู ู ุน ุงููุงุณ ุฌู ูุนุง ุฏูู ุชูุฑูู، ู ุฐูุฑุฉ ุจูููู ุชุนุงูู: ﴿َُُูููููุง َِّูููุงุณِ ุญُุณًْูุง﴾، ููููู ุชุนุงูู:﴿ุฅَِّู ุงََّููู َูุฃْู ُุฑُ ุจِุงْูุนَุฏِْู َูุงْูุฅِุญْุณَุงِู﴾.
“Perbuatan (ucapan selamat untuk hari raya agama lain) ini termasuk dalam berbuat baik yang diperintahkan Allah kepada seluruh manusia tanpa perbedaan. Sebagaimana firman Allah, "Katakan kebaikan pada manusia" dan "Allah memerintahkan berbuat adil dan berbuat baik."[3]
๐๐ฎ๐๐๐ฎ ๐ ๐ฎ๐ท๐ฒ๐น๐ถ๐ ๐จ๐น๐ฎ๐บ๐ฎ ๐๐ฟ๐ผ๐ฝ๐ฎ :
ููุง ู ุงูุน ุฅุฐู ุฃู ูููุฆูู ุงููุฑุฏ ุงูู ุณูู ، ุฃู ุงูู ุฑูุฒ ุงูุฅุณูุงู ู ุจูุฐู ุงูู ูุงุณุจุฉ، ู ุดุงููุฉ ุฃู ุจุงูุจุทุงูุงุช ุงูุชู ูุง ุชุดุชู ู ุนูู ุดุนุงุฑ ุฃู ุนุจุงุฑุงุช ุฏูููุฉ ุชุชุนุงุฑุถ ู ุน ู ุจุงุฏุฆ ุงูุฅุณูุงู . ูุงูููู ุงุช ุงูู ุนุชุงุฏุฉ ููุชููุฆุฉ ูู ู ุซู ูุฐู ุงูู ูุงุณุจุงุช ูุง ุชุดุชู ู ุนูู ุฃู ุฅูุฑุงุฑ ููู ุนูู ุฏูููู ، ุฃู ุฑุถุง ุจุฐูู، ุฅูู ุง ูู ููู ุงุช ู ุฌุงู ูุฉ ุชุนุงุฑููุง ุงููุงุณ. ููุง ู ุงูุน ู ู ูุจูู ุงููุฏุงูุง ู ููู ، ูู ูุงูุฃุชูู ุนูููุง، ููุฏ ูุจู ุงููุจู –ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู - ูุฏุงูุง ุบูุฑ ุงูู ุณูู ูู ู ุซู ุงูู ูููุณ ุนุธูู ุงููุจุท ุจู ุตุฑ ูุบูุฑู، ุจุดุฑุท ุฃูุง ุชููู ูุฐู ุงููุฏุงูุง ู ู ุง ูุญุฑู ุนูู ุงูู ุณูู ูุงูุฎู ุฑ ููุญู ุงูุฎูุฒูุฑ.
“Tidak ada larangan bagi individu muslim atau organisasi Islam untuk mengucapkan selamat atas peringatan (natal) ini secara lisan atau dengan kartu yang tidak mengandung syiar atau ucapan keagamaan yang berlawanan dengan prinsip Islam.
Hendaknya kalimat yang digunakan untuk ucapan selamat natal tidak mengandung pengakuan apapun pada agama mereka atau rela atasnya. Ia hendaknya berupa kalimat mujamalah (courtesy) yang umum dikenal.
Tidak ada larangan menerima hadiah dari mereka dan memberi hadiah pada mereka. Karena, Nabi pernah menerima hadiah dari non-muslim seperti Muqauqis pembesar Kristen Koptik Mesir dan lainnya dengan syarat hadiah tersebut tidak haram bagi muslim seperti minuman alkohol dan daging babi.”[4]
๐๐ฎ๐น๐ถ๐น – ๐ฑ๐ฎ๐น๐ถ๐น ๐๐ฎ๐ป๐ด ๐ฑ๐ถ๐ด๐๐ป๐ฎ๐ธ๐ฎ๐ป ๐ธ๐ฎ๐น๐ฎ๐ป๐ด๐ฎ๐ป ๐๐ฎ๐ป๐ด ๐บ๐ฒ๐บ๐ฏ๐ผ๐น๐ฒ๐ต๐ธ๐ฎ๐ป
Dalil-dalil yang digunakan oleh para ulama ulama dalam membolehkan mengucapkan selamat hari raya untuk agama lain diantaranya adalah :
- QS Al-Mumtahanah 60:8
َูุง َُْٰูููููู ُ ุงُّٰููู ุนَِู ุงَّูุฐَِْูู َูู ْ َُููุงุชُُِْูููู ْ ِูู ุงูุฏِِّْูู ََููู ْ ُูุฎْุฑِุฌُُْููู ْ ู ِّْู ุฏَِูุงุฑُِูู ْ ุงَْู ุชَุจَุฑُُّْููู ْ َูุชُْูุณِุทُْูุٓง ุงَِِْูููู ْۗ ุงَِّู ุงَّٰููู ُูุญِุจُّ ุงْูู ُْูุณِุทَِْูู
"Allah tidak melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil."
- QS Al-Baqarah 2:83
... َُُْْูููููุง َِّูููุงุณِ ุญُุณًْูุง
...Serta ucapkanlah kata-kata yang baik kepada manusia"
- QS An-Nahl 16:90:
- ุงَِّู ุงَّٰููู َูุฃْู ُุฑُ ุจِุงْูุนَุฏِْู َูุงْูุงِุญْุณَุงِู
"Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan..."
- QS An-Nisa' 4:86
َูุฅِุฐَุง ุญُِّْููุชُู ْ ุจِุชَุญَِّูุฉٍ َูุญَُّْููุง ุจِุงَุญْุณََู ู َِْููุงٓ ุงَْู ุฑُุฏَُّْููุงۗ
"Apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa)."
Dalil lainnya adalah keumuman kaidah : Bahwa bab muamalah hukumnya boleh sampai ada dalil yang melarangnya. Kalangan ini memandang bahwa tahniyah hari raya agama lain tidaklah berkaitan dengan masalah ibadah apalagi aqidah. Ketika sesesorang mengucapkannya, bukan serta merta bisa diartikan bahwa dia menyetujui dan mengakui kebenaran ajaran agama mereka.
Bersambung kebagian 3 : ๐๐ฎ๐น๐ถ๐น ๐ฑ๐ฎ๐ป ๐ฏ๐ฎ๐ป๐๐ฎ๐ต๐ฎ๐ป ๐ฑ๐ฎ๐ฟ๐ถ ๐ธ๐ฒ๐น๐ผ๐บ๐ฝ๐ผ๐ธ ๐๐ฎ๐ป๐ด ๐บ๐ฒ๐ป๐ด๐ต๐ฎ๐ฟ๐ฎ๐บ๐ธ๐ฎ๐ป.
๐๐ข๐ญ๐ญ๐ข๐ฉ๐ถ ๐ข’๐ญ๐ข๐ฎ.
______
[1] Dikutip dari htt*://www.shariaa.n*t.
[2] htt*://archive.islamonline.net/?p=542.
[3] L*nk: htt*://goo.gl/fDgYXB.
[4] ww*. binbayyah.n*t/portal/fatawa/1393.
Baca juga : Kesimpulan Hukum Tahniah Perayaan Agama Lain
Sumber FB Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq