๐๐จ๐๐จ๐ ๐ ๐๐ก๐๐๐ข๐ก๐ฆ๐จ๐ ๐ฆ๐ ๐๐๐๐๐ก๐ ๐ ๐๐ก๐ง๐๐
๐๐ง๐ธ๐ข๐ฏ ๐ฌ๐ช๐บ๐ข๐ช ๐ช๐ป๐ช๐ฏ ๐ฃ๐ฆ๐ณ๐ต๐ข๐ฏ๐บ๐ข, ๐ข๐ฑ๐ข ๐ฉ๐ถ๐ฌ๐ถ๐ฎ ๐ฎ๐ฆ๐ฎ๐ข๐ฌ๐ข๐ฏ ๐ฅ๐ข๐จ๐ช๐ฏ๐จ ๐ฎ๐ฆ๐ฏ๐ต๐ข๐ฉ ? ๐๐ข๐ช๐ฌ ๐ช๐ต๐ถ ๐ฅ๐ข๐จ๐ช๐ฏ๐จ ๐ข๐บ๐ข๐ฎ, ๐ด๐ข๐ฑ๐ช, ๐ฌ๐ข๐ฎ๐ฃ๐ช๐ฏ๐จ ๐ข๐ต๐ข๐ถ๐ฑ๐ถ๐ฏ ๐ฅ๐ข๐จ๐ช๐ฏ๐จ ๐ช๐ฌ๐ข๐ฏ. ๐๐บ๐ถ๐ฌ๐ณ๐ฐ๐ฏ.
๐๐ฎ๐๐ฎ๐ฏ๐ฎ๐ป
Oleh Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq
Tentang hukum memakan daging hewan yang tidak dimasak alias masih mentah, para ulama berbeda pendapat. Mayoritas ulama membolehkan, sedangkan sebagian ulama yang lain memakruhkan.
๐ญ. ๐ฌ๐ฎ๐ป๐ด ๐บ๐ฒ๐บ๐ฎ๐ธ๐ฟ๐๐ต๐ธ๐ฎ๐ป
Sebagian ulama menegaskan kemakruhan memakan daging yang tidak dimasak. Dengan alasan pertama bisa menyebabkan bau mulut yang menyengat dan yang kedua potensi bahaya penyakit yang ditimbulkannya, yang mana itu sebenarnya bisa dihindari dengan cara memasak daging tersebut.
Bahkan sebagiannya menegaskan akan keharamannya jika telah nyata bahaya penyakit yang bisa ditimbulkan dari memakan daging mentah tersebut.[1]
Berkata al imam Ibnu Muflih al Hanbali rahimahullah :
ููุฑู ุฃู ูุฃูู ูุญู ุงู ููุฆุงู ุฃู ุบูุฑ ูุถูุฌ
โDimakruhkan untuk memakan daging mentah atau yang tidak matang.โ[2]
Syekh Syafarini rahimahullah berkata :
ูู ููุฑู ุฃูู ุงููุญู ููุฆุงุ ุฃู ูุงุ โุฌุฒู โูู โุงูุฅููุงุน โุจุงููุฑุงููุฉ โูุนุจุงุฑุชู
โApakah dimakruhkan memakan daging mentah atau tidak? Dalam kitab Al-Iqna', dipastikan bahwa itu dimakruhkan.โ[3]
๐ฎ. ๐ฌ๐ฎ๐ป๐ด ๐บ๐ฒ๐บ๐ฏ๐ผ๐น๐ฒ๐ต๐ธ๐ฎ๐ป
Sedangkan mayoritas ulama membolehkan memakan daging yang tidak dimasak, karena segala hal yang tidak diharamkan oleh syariat maka ia halal dan boleh dikonsumsi, ini adalah kaidah umumnya.
Terkecuali jika memakan daging mentah itu bisa membahayakan orang yang memakannya seperti terbukti bisa mendatangkan penyakit, atau oleh dokter ia dilarang memakan daging mentah karena penyakit tertentu, maka ini bisa keluar dari hukum asalnya menjadi makruh bahkan haram. Namun selama tidak terjadi hal tersebut, ia kembali kepada hukum kebolehannya.
Berkata al imam Ahmad bin Hanbal rahimahullah :
ูุง ุจุฃุณ ุจุฃูู ุงููุญู ุงูููุฆ
โTidak apa-apa memakan daging mentah.โ[4]
Sedangkan dalam riwayat lain beliau menjawab :
ุฅู ูู ููู ูุถุฑ ููุฌูุฒ ุฃูููุ ูุฅู ูุงู ูุถุฑ ููุง ูุฌูุฒ ุฃููู
"Jika tidak membahayakan, maka boleh dimakan. Namun jika membahayakan, maka tidak boleh dimakan."[5]
Al imam Nawawi rahimahullah ditanya :
ู ุณุฃูุฉ: โูู โูุฌูุฒ โุฃูู โุงููุญู โููุฆูุงุ.ุงูุฌูุงุจ: ูุนู
โApakah dibolehkan memakan daging mentah ?โ Beliau menjawab : Iya, boleh.โ[6]
Disebutkan dalam kitab yang disusun oleh lembaga fatwa Kuwait keterangan sebagai berikut :
ูุฅู โุฃูู ุงููุจุฏ ููุฆุฉ ุฃู ู ุทุจูุฎุฉ ูุง ุดูุก ูููุ ููุฐูู ุงูุทุญุงูุ ูุฅู ูุงูุช ุงููุจุฏ ุฏู ุง ุฅูุง ุฃููุง ู ุจุงุญุฉ. ุฃู ุง ุงูุฏู ุงูุฐู ูู ุฏุงุฎู ุงููุญู ุญุชู ููู ูุถุน ุงููุญู ูู ูุฏุฑ ูุฎุฑุฌ ู ููุ ููุฐุง ูุง ุดูุก ูููุ ูุฑูุน ุงููู ุนูุง ุจูุฐู ุงูุดุฑูุนุฉ ุงูุณู ุญุฉ ุงูุขุตุงุฑ ูุงูุฃุบูุงู ูุงูุญุฑุฌุ ููุง ุญุฑุฌ ูู ู ุซู ูุฐู ุงูุฃู ูุฑ
โOleh karena itu, memakan hati, baik mentah maupun matang, tidak ada masalah, begitu juga limpa, meskipun hati dianggap darah, tetapi ia diperbolehkan. Adapun darah yang ada di dalam daging, meskipun daging tersebut diletakkan dalam panci dan darahnya keluar, maka tidak ada masalah dalam hal itu. Allah telah mengangkat beban dan kesulitan dari kita dengan syariat yang lapang ini, sehingga tidak ada kesulitan dalam hal-hal semacam ini.โ[7]
๐๐ฒ๐๐ถ๐บ๐ฝ๐๐น๐ฎ๐ป
Memakan daging mentah yang belum dimasak hukumnya boleh menurut mayoritas ulama, terkecuali jika daging tersebut bisa menimbulkan bahaya pemakannya maka hukumnya dimakruhkan bahkan diharamkan.
๐ Wallahu aโlam.
____________
[1] Syarah al Muwatha hal. 153
[2] Al Adab asy Syarโiyah (3/374)
[3] al Ghadaul al Albab (2/156)
[4] Al Fatawa Syabakah Islamiyah (17/362)
[5] Silsislatul Adab (6/92)
[6] Fatawa an Nawawi hal. 104
[7] Al Mausuโah ash Shanaโah al Halal (1/113)
Sumber FB Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq