๐ Hadits Perintah Nabi Untuk Menabuh Rebana didalam Masjid:
ุงุนูููุง ูุฐุง ุงูููุงุญ ูุงุฌุนููู ูู ุงูู ุณุงุฌุฏ ูุงุถุฑุจูุง ุนููู ุจุงูุฏููู
โUmumkanlah pernikahan dan lakukanlah di dalam masjid-masjid serta pukullah rebana atasnyaโ (Sunan Tirmidzi, no 1089)
Meskipun hadits tersebut hanya berkaitan dengan pernikahan, namun adanya perintah dari nabi untuk memukul rebana didalam masjid-masjid adalah bukti kuat bahwa hukum memukul rebana adalah mubah (boleh). Seandainya hukum menabuh rebana adalah haram niscaya nabi tidak akan pernah memerintahkannya.
Kemudian, terkait hadis tersebut, Imam Ibnu Hajar al-Haitami menjelaskan didalam kitab Al-Fatawa Al-Kubro Al-Fiqhiyyah juz 4, hlm. 356:
ููููููู ุฅูู ูุงุกู ุฅููู ุฌูููุงุฒู ุถูุฑูุจู ุงูุฏููููู ููู ุงููู ูุณูุงุฌูุฏู ููุฃูุฌููู ุฐููููู ููุนูููู ุชูุณููููู ููู ููููุงุณู ุจููู ุบูููุฑููู ููุฃูู ููุง ูููููู ุฐููููู ุนููู ุงูุณูููููู ููููุฏู ููุงูู ุงููููููููู ุฃูุจูู ุฒูุฑูุนูุฉู ููู ุชูุญูุฑููุฑููู ุตูุญูู ุนููู ุงูุดููููุฎู ุนูุฒูู ุงูุฏููููู ุจููู ุนูุจูุฏู ุงูุณููููุงู ู ููุงุจููู ุฏูููููู ุงููุนููุฏู ููููู ูุง ุณููููุฏูุง ุงููู ูุชูุฃูุฎููุฑูููู ุนูููู ูุง ููููุฑูุนูุง ูููููููููู ุจูุนูุถูููู ู ุนููู ุงูุดููููุฎู ุฃูุจูู ุฅูุณูุญูุงูู ุงูุดูููุฑูุงุฒูููู ุฑูุญูู ููู ุงูููููู ุชูุนูุงููู ููููููุงูู ุจููู ููุฑูุนูุง ู ูุฌูุชูููุฏูุง
โDidalam hadits tersebut ada isyarat atas kebolehan memukul rebana didalam masjid-masjid. Dan diqiyaskan pula kebolehan memukul rebana untuk acara-acara lainnya. Adapun penukilan hal itu dari ulama salaf, maka telah berkata Abu Zurโah dalam Tahrirnya bahwa itu sah (benar) berasal dari Syaikh Izzuddin bin Abdissalam dan Ibnu Daqiq al-โId, keduanya adalah pemimpin ulama mutakhkhirin dalam segi keilmuan dan kewaraโannya, sebagian mereka juga menukilnya dari Syaikh Abu Ishaq Asy-Syairazi seorang ulama mujtahid yang waraโ.โ
Wallahu a'lam.
Sumber FB Ustadz : Saiful Anwar